Yuk Kenali, Jabatan-Jabatan di Kampus 2022

  • Selasa, 14 Juni 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

Apa Aja Sih Jabatan Yang Ada Dikampus ? Yuk Simak Informasinya

bimbelptn.co.id - Halo para mahasiswa baru, sebelum mulai kegiatan perkuliahan, ada beberapa hal yang harus kamu tahu terkait dunia perkuliah dan kampus ya. Mulai dari istilah-istilah akademik dan juga beberapa jabatan yang ada di kampus.

 

Kenapa mahasiswa baru atau maba wajib mengetahui berbagai jabatan di kampus? Dengan mengenal jabatan di kampus, agar kamu nantinya tidak salah saat ingin mengurus hal-hal yang berhubungan dengan perkuliahan. Malu kan, mau minta tanda tangan ketua jurusan tapi tidak tahu jabatanya.

 

Selain itu, istilah-istilah jabatan yang paling sering didengar seperti kaprodi, rektor, atau dekan. Namun sebenarnya masih banyak jabatan lain di universitas yang harus kamu ketahui.

 

Dikutip dari maukuliah.id, Yuk simak inilah jabatan-jabatan di Kampus yang harus kamu ketahui.

 

 

Mengenali Jabatan Di Kampus

 

1. Rektor

 

Rektor merupakan seseorang yang memimpin perguruan tinggi. Dalam menjalankan tugasnya seorang rektor bekerja di rektorat. Tugas seorang rektor yaitu memimpin lembaga perguruan tinggi agar mampu mencapai visi yang ditetapkan.

 

2. Dekan

 

Dekan adalah Kepala Fakultas di sebuah perguruan tinggi. Dekan adalah pemimpin administratif sekaligus pemimpin tertinggi di fakultas.

 

3. Kajur

 

Kajur adalah singkatan dari Ketua Jurusan. Mereka mengepalai sebuah jurusan. Mereka memiliki tanggung jawab atas berbagai hal yang terjadi pada sebuah jurusan atau program studi.

 

4. Kaprodi

 

Kaprodi adalah sebutan dari Ketua Program Studi. Kaprodi sendiri adalah pimpinan tertinggi dalam struktur program studi. Kaprodi memiliki tanggung jawab untuk penyelenggaraan program studi yang dipimpinnya.

 

5. Kadep

 

Ketua Departemen atau yang sering disingkat dengan Kadep adalah seseorang yang bertugas memimpin tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam menjalankan tugasnya untuk melayani mahasiswa. Kadep sendiri memiliki tugas khusus dalam penyediaan fasilitas perkuliahan, praktikum, dan tugas akhir.

 

6. Guru Besar

 

Guru besar merupakan jabatan fungsional tertinggi bagi dosen yang masih mengajar di lingkungan satuan pendidikan tinggi. Guru besar ini memiliki peran dalam memajukan institusi khususnya perguruan tinggi baik dalam pokok maupun fungsinya.

 

 

7. Kahim

 

Kahim adalah singkatan dari Ketua Himpunan Mahasiswa. Kahim memiliki tugas untuk bertanggung jawab atas organisasi yang ada di internal maupun eksternal kampus.

 

8. Kabem

 

Istilah jabatan di kampus selanjutnya adalah Kabem sendiri adalah singkatan dari Ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). BEM sendiri merupakan organisasi mahasiswa intra kampus yang biasanya terdapat dalam tiap fakultas dan universitas.

 


Nah itu dia beberapa Jabatan-jabatan yang harus Maba ketahui.

 

Bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK 2023 kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

 
1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya, klik disini.
2.Pengajar sangat berkompeten
3.Berpengalaman selama 13 tahun
4.Materi terupdate tes UTBK
5.Fasilitas sarana super lengkap

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama Bimbel Akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama Bimbel Akses,
Daftar Sekarang.

 

Konsultasi mengenai tes UTBK bersama education consultant Bimbel Akseschat disini.

 

Referensi :

- https://maukuliah.id/blog/jabatan-jabatan-di-kampus/

Subscribes Channel Youtube Kami