Pejuang PTN Wajib Perhatikan! Sanksi Blacklist Berlaku di SNBP 2024

  • Sabtu, 17 Februari 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Pendaftaran SNBP 2024 sudah dibuka. Calon peserta pun diminta teliti dan hati-hati karena ada sanksi blacklist yang berlaku dan bisa merugikan peserta. Hal ini mengemuka di diskusi Unesa Virtual Campus Expo (UVCE). Ada sejumlah narasumber yang hadir memberikan informasi mengenai ketentuan, syarat, cara daftar, kiat memilih jurusan dan fakultas di Unesa. 


Kepala Subdirektorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa Sukarmin menjelaskan, ada perbedaan ketentuan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 dengan sebelumnya. Perbedaan yang dimaksud sebagai berikut: 


Pertama, akun. Ketentuan tahun ini yaitu peserta harus sudah membuat akun yang digunakan untuk dua seleksi sekaligus yaitu SNBP dan juga Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). 


Kedua mengenai sanksi. Tahun kemarin ketika peserta lolos SNBP kemudian tidak dijalani, sanksinya hanya berhenti di SNBT. Namun pada 2024 ini, bagi peserta yang dinyatakan lolos SNBP kemudian tidak daftar ulang, maka dikenakan sanksi tidak bisa ikut UTBK-SNBT dan tidak bisa ikut seleksi jalur Mandiri di perguruan tinggi manapun se-Indonesia. 




Selain itu, sanksi tersebut juga berlaku sampai dua tahun ke depan. Dengan kata lain, peserta yang sudah dinyatakan lolos kemudian tidak menggunakan kesempatan itu, maka dia tidak bisa ikut seleksi SNBP-SNBT maupun jalur mandiri di perguruan tinggi lain di Indonesia selama dua tahun ke depan. 


Dengan beratnya saksi tersebut, diharapkan kepada peserta agar bisa memilih prodi yang benar-benar diminati, agar tidak ada penyesalan dan keinginan untuk pindah prodi, karena itu sudah ada sanksi beratnya. "Terkait ketentuan memilih prodi, bahwa itu tidak ada perbedaan dengan sebelumnya, peserta bebas memilih prodi mana yang dia inginkan," dikutip dari laman Unesa, Jumat (16/2/2024). 


Dengan kata lain, jurusan yang dipilih di perguruan tinggi tidak ada batasan apakah sesuai dengan jurusannya waktu di SMA atau tidak. Namun, ia menekankan, kendati diberi kebebasan memilih prodi, tetapi yang perlu diperhatikan yaitu peserta harus mengukur kemampuan diri dan memilih prodi yang sesuai kemampuan tersebut. 


Sebagai contoh, waktu di SMA si A jurusannya IPS, ketika masuk perguruan tinggi memilih prodi Matematika. Karena persilangan jurusan atau prodi begitu jauh, dikhawatirkan si A tersebut membutuhkan proses adaptasi yang tidak mudah dan tantangan saat menjalani kuliah. 


"Perlu diingat baik-baik peserta bahwa jangan hanya memikirkan asal bisa masuk kuliah di prodi manapun, tetapi pikirkan bagaimana proses dan keluarnya nanti. Bisa masuk, tetapi gak bisa keluar kan repot juga nanti," ucap dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) itu. 


Sukarmin menyarankan agar dalam memilih jurusan kuliah yang disesuaikan dengan kemampuan peserta, agar memudahkan proses adaptasi selama belajar dan lulus kuliah tepat waktu.


TELAH HADIR, BIMBINGAN BELAJAR PERSIAPAN LULUS TES PERGURUAN TINGGI NEGERI PERTAMA, TERBAIK DAN TERSIAP DI INDONESIA TERBUKTI 70% LULUS TES & TERCAPAI MIMPINYA. BAGI KAMU YANG INGIN IKUT SELEKSI MASUK PTN 2024 MULAI PERSIAPKAN DARI SEKARANG YUK BERSAMA BIMBEL AKSES! 


Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes PTN, Tryout UTBK-SNBT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes masuk PTN 2024 Bersama Bimbel Akses. 




Apa Aja Program Dari Bimbel Akses?


Program persiapan masuk PTN 2024 ini adalah program dari Bimbel Akses dengan FASILITAS yang super lengkap! mau tau programnya apa saja?

Berikut beberapa programnya :

✔️Paket Lengkap SNBP, SNBT, & MANDIRI 5 Bulan

✔️Paket SNBP

✔️Paket SNBT 4 Bulan

✔️Paket Mandiri 1 Bulan


Yuk gabung sekarang dan dapatkan promo dan cashbacknya! Kuota terbatas loh.Syarat dan ketentuan berlaku.Masih ragu untuk gabung kelasnya? Sudah ribuan peserta yang sudah lulus bersama Bimbel Akses, telah dipercaya karena sudah bekerja dengan Kementerian. 


Mau ikut kelasnya?


Daftar di sini


Punya pertanyaan lain?


Hubungi Kami



Referensi: https://edukasi.sindonews.com/read/1322735/211/ada-sanksi-blacklist-yang-berlaku-di-snbp-2024-pejuang-ptn-hati-hati-ya-1708059740?showpage=all

Subscribes Channel Youtube Kami