Yuk Simak, 7 Fakta Menarik Ilmu Komputer di UGM 2022

  • Kamis, 9 Juni 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

7 Fakta Menarik Ilmu Komputer di UGM 2022

bimbelptn.co.id Hai, kamu ingin melanjutkan kuliah di S-1 Ilmu Komputer UGM?Pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang program studi Ilmu Komputer dari FMIPA Universitas Gadjah Mada loh.Siapa di antara kalian yang tidak ingin melanjutkan kuliah di kampus UGM ini? Pasti mau kan? Barangkali kamu tertarik untuk belajar dunia ilmu komputer maka bisa melanjutkan kuliah di sini ya, Dikutip dari kampusaja.com Nah, berikut ini saya akan membahas beberapa hal mengenai program studi ini. Yuk Simak Sobat Akses.

 

1.Persoalan Gelar


Setelah berhasil menyelesaikan kuliah di program studi S-1 Ilmu Komputer ini maka kamu akan mendapatkan gelar S.Kom. (Sarjana Komputer).
Tertarik untuk mendapatkan gelar sarjana ini?.

 

2.Jangka Waktu kuliah


Untuk mendapatkan gelar sarjana komputer ini, kamu memerlukan minimal 144 SKS. SKS ini normalnya bisa kamu tempuh selama 4 tahun (8 semester).
Akan tetapi, kamu bisa menyelesaikannya dalam waktu lebih cepat maupun lebih lama karena semua tergantung dari semangat dari Sobat Akses nih.

 

 

3. Akreditasi


Penasaran dengan akreditasi dari prodi Ilmu Komputer ini?
Program studi S-1 Ilmu Komputer UGM ini telah mendapatkan akreditasi “Unggul” dari BAN PT. Akreditasi tersebut berdasarkan surat keputusan nomor 3224/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/S/V/2020 yang berlaku sampai dengan tanggal 30 September 2023. Di samping itu, prodi ini juga telah mendapatkan akreditasi internasional dari ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik). Sangat menarik bukan?Apakah kamu semakin tertarik untuk belajar di sini?.

 

4.Jalur Masuk UGM


Ingin tahu jalur masuk dari sarjana ilmu komputer UGM ini? Secara umum, jalur masuk untuk sarjana terbagi menjadi 4 (empat) yaitu:

SNMPTN – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, merupakan seleksi penerimaan mahasiswa yang menggunakan jalur undangan rapor dan prestasi akademik selama di sekolah.

SBMPTN – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang menggunakan nilai UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).

UM UGM – Ujian Mandiri UGM merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan mandiri oleh pihak kampus UGM.

Jalur Prestasi – Jalur ini terbagi lagi menjadi 3 (tiga) jenis yakni PBUK, PBUTM, dan PBUB. Masing-masing jalur tersebut mempunyai syarat dan kriteria yang berbeda.

 

5.Daya Kuota tampung Jurusan


Total daya tampung dari S-1 Ilmu Komputer adalah sebanyak 70 mahasiswa.Selanjutnya, daya tampung ilmu komputer tersebut dibagi lagi untuk jalur masuk SNMPTN Undangan, jalur SBMPTN, jalur UM, dan jalur prestasi.Untuk jalur SNMPTN Undangan tersedia kuota sebanyak 18 mahasiswa. Lalu, untuk jalur SBMPTN tersedia daya tampung sebanyak 25 mahasiswa. Sedangkan sisanya tersebut digunakan untuk jalur prestasi dan jalur mandiri.

 

6.  Biaya kuliah


Penasaran dengan biaya kuliah dari program studi Ilmu Komputer UGM ini?
Biaya kuliah S-1 Ilmu Komputer untuk jalur SNMPTN Undangan, SBMPTN, dan jalur lainnya akan dikenakan biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang dibayarkan setiap satu semester.

Biaya UKT tersebut yaitu:

UKT 0: Bidikmisi (Rp0)
UKT 1: Rp500.000
UKT 2: Rp1.000.000
UKT 3: Rp5.700.000
UKT 4: Rp6.400.000
UKT 5: Rp7.800.000
UKT 6: Rp9.500.000
UKT 7: Rp10.000.000
UKT 8: Rp11.000.000

Jadi, biaya kuliah ilmu komputer tersebut mulai dari paling sedikit Rp500.000 sampai dengan UKT paling mahal yaitu Rp11 juta.
Oke, jadinya kamu tahu biaya kuliah dari program studi ilmu komputer UGM kan?.

 

7. Prospek kerja


Penasaran setelah lulus dari prodi ILKOM ini kamu bisa berkarier menjadi apa? Pastinya ada banyak sekali peluang yang bisa kamu dapatkan antara lain menjadi Software Engineer, Database Analyst, Web Developer, Mobile Developer, Data Scientist, Cloud Engineer, Database Administrator, dan masih banyak lagi.

 

 

jadi itulah 7 Fakta Fakultas ilmu komputer di UGM, Semoga dapat membantu kamu yah, bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

 

1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya, klik disini.
2.Pengajar sangat berkompeten
3.Berpengalaman selama 13 tahun
4.Materi terupdate tes UTBK
5.Fasilitas sarana super lengkap

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama bimbel akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama bimbel akses,
Daftar Sekarang.

 

Konsultasi mengenai tes UTBK bersama education consultant bimbel akses, chat disini.

 

Referensi :

- https://kampusaja.com/ilmu-komputer-ugm/

Subscribes Channel Youtube Kami