Tips Untuk Kamu Lulus Seleksi SNBT/UTBK dan Seleksi Mandiri Untuk Masuk PTN

  • Rabu, 3 Mei 2023
  • Redaksi Bimbel Akses

bimbelptn.co.id - Hallo sahabat Akses, Lulus SMA, biasanya kamu lanjutkan study atau bekerja? Ya, pastinya lanjut kuliah dong. Kesadaran tentang betapa pentingnya pendidikan harus ditanamkan sejak dini lho. Pendidikan itu penting dan harus menjadi prioritas, karena dengan ilmu pengetahuan yang baik kamu dapat mengejar cita-citamu setinggi-tingginya. Lalu, seperti apa persiapan yang sudah kamu lakukan untuk bisa diterima di PTN favoritmu? Harapan untuk bisa diterima di PTN favorit, tidak cukup dengan bekal yang sudah kamu dapatkan di bangku SMA, bisa dikatakan itu hanya sebagai modal awal saja. Semua lulusan SMA pasti memiliki rencana untuk melanjutkan kuliah ke PTN terbaik di Indonesia. Jadi, sudah barang tentu persaingan akan semakin ketat dan sulit. Namun, kamu tidak perlu patah semangat. Untuk bisa lulus di PTN yang kamu idam-idamkan kamu perlu melakukan persiapan yang matang. Persiapan apa sih yang harus kamu lakukan? Di artikel ini akan dibagikan tips yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa diterima di Universitas favoritmu. Yuk, simak penjelasannya. 


1. Buatlah Jadwal Belajar Sendiri
Setelah lulus SMA bukan berarti kamu santai-santai saja, buat jadwal pelajaran sesuai dengan materi soal yang diujikan. Dengan membuat jadwal mata pelajaran setiap hari, berarti kamu memiliki kesempatan untuk belajar dan menguasai materi yang diujikan. Hal ini juga, membantu kamu dalam melatih kedisiplinan. Sehingga tidak ada waktu yang terbuang secara percuma. 

 

 

2. Lakukan Latihan Soal Secara Intensif. 
Kemampuan kamu dalam menguasai materi tentunya sudah bisa kamu ukur sendiri. Mana materi yang sudah dikasi dan mana yang belum. Sehingga, kamu perlu melakukan latihan soal setiap hari. Latihan soal yang kamu anggap paling sulit, harusnya diberikan waktu lebih banyak ketimbang materi yang sudah kamu kuasai. Hal ini dilakukan agar kemampuan kamu menjadi seimbang disemua materi yang diujikan. Kamu juga bisa mengutarakan kepada guru bimbelmu tentang materi yang sulit kamu fahami, agar kamu dengan cepat mendapatkan bantuan dalam memahaminya. 

Mengapa harus latihan soal setiap hari? Dengan kamu latihan soal setiap hari, disamping agar lebih mudah memahami jenis dan model soal serta cara menyelesaikannya. 

Hal ini juga, dapat menumbuhkan kesiapan mental kamu dalam menghadapi ujian tulis pada SNBT/UTBK dan seleksi mandiri. Banyaknya calon mahasiswa yang gugur, itu disebabkan karena mereka gugup dalam mengerjakan soal tes. Jadi, dengan pembiasaan berlatih menjawab soal tes kamu akan lebih tenang pada hari H-nya. Soal tes ujian masuk PTN, bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber, bisa di tempat bimbelmu, dengan browsing, membeli buku tes atau juga bisa dengan meminjam soal-soal tes dari kakak tingkat kamu yang sudah lulus. 

 

3. Ikuti Semua Prosedur Seleksi yang Sudah Ditetapkan Oleh Kampus
Setelah melakukan persiapan yang matang, kamu tidak boleh mengabaikan yang satu ini, jangan sampai gara-gara tidak mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan oleh kampus yang kamu tuju, kamu dinyatakan gugur. Karena tidak mengikuti prosedur yang ada. Setiap PTN pasti sudah memiliki aturan tersendiri tentang perekrutan calon mahasiswa. Misalnya jadwal pendaftaran, tempat tes, waktu daftar ulang dan lain sebagainya. Jangan sampai, kamu tidak lulus, gara-gara kamu tidak tahu kapan waktu tes, tempat tes, dan kapan deadline daftar ulang serta persyaratan lain yang harus kamu lengkapi. Jadi, tanggal penting dan syarat-syarat atau semua prosedur yang wajib kamu ikuti, harus dicatat baik-baik dan harus diperhatikan secara teliti. Kamu gak mau kan, sudah persiapan belajar bagus, tapi tidak lulus, gara-gara hal tersebut? Sehingga sangat penting kamu membuat list apa-apa saja yang perlu kamu lakukan. Kaya buat daftar belajar gitu, setelah dicatat gak ada salahnya kamu tempel di kamarmu sebagai pengingat.

 

 

4. Luangkan Waktu Untuk Istirahat dan Refresing
Persiapan yang maksimal harus, namun, kamu jangan sampai mengabaikan kesehatan juga ya. Lupa menyisihkan waktu istirahat itu bahaya lho. Karena tubuh juga perlu istirahatkan, agar tetap sehat. Jangan sampai kamu sampai kamu mengalami stres, beri kesempatan buat kamu untuk refresing. Sesekali kamu bisa travelling, menikmati keindahan alam. Jalan-jalan ke tempat hiburan misalnya. Dengan tetap menjaga otak agar tidak stres, merupakan bagian dari usaha kamu untuk menjaga suasana hati kamu menjadi bahagia. Dengan kondisi tersebut berarti kamu akan lebih semangat dalam belajar dan mengikuti semua tahapan seleksi dengan baik hingga pada saat ujian tiba. 

 

5. Jangan Lupa Berdoa untuk Hasil yang Terbaik
Sebagai mahluk yang percaya kepada Tuhan Maha Esa, sudah seharusnya tidak akan lupa dan bosan untuk meminta pertolongan kepada-Nya. Hal ini menunjukkan bahwa kamu adalah insan yang pandai bersyukur. Dengan usaha yang maksimal yang sudah kamu lakukan serta doa terbaikmu, maka kamu akan lebih berserah diri, menyerahkan semua keputusan yang diberikan atas dirimu dengan rasa ikhlas dan lapang dada. Sehingga jikapun nanti hasilnya kurang memuaskan, bukan berarti kamu orang yang gagal, siapa tahu Tuhan punya rencana lain yang lebih baik untukmu. Terus mencoba dan berusaha serta semangat untuk mengejar impianmu. 

Nah, Demikianlah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa diterima di PTN yang kamu idam-idamkan, jadilah pribadi yang baik, semangat, beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan tetaplah menjadi orang yang tidak mudah menyerah. Karena dengan tekan dan niat yang baik pasti kamu bisa mencapai cita-citamu. 

 

Bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK 2023 kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

 

1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya, klik disini.

2.Pengajar sangat berkompeten

3.Berpengalaman selama 14 tahun

4.Materi terupdate tes UTBK

5.Fasilitas sarana super lengkap

 

Klik Disini

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama Bimbel Akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama Bimbel Akses, Konsultasi mengenai tes UTBK bersama education consultant Bimbel Akseschat disini.

 

Salam sukses !

 

 

 

 

Refrensi :

https://www.kompasiana.com/makripuddiindanizam7172/644fcaf708a8b517c94de987/tips-agar-kamu-lulus-seleksi-snbt-utbk-dan-seleksi-mandiri-masuk-ptn?page=all#section1
 

Subscribes Channel Youtube Kami