Tips Tentukan Kampus Tujuan Kamu Masuk PTN 2023

  • Kamis, 8 Desember 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

bimbelptn.co.id -  Dalam memilih perguruan tinggi negeri (PTN) tentu calon mahasiswa harus mempertimbangkan banyak hal. Terlebih dahulu, seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru 2023 sudah semakin dekat. Penerimaan mahasiswa baru kampus negeri akan melalui tiga seleksi yakni Seleksi Nasional berdasarkan Prestasi, Seleksi Nasional berdasarkan Tes, dan Seleksi secara Mandiri oleh PTN.

 

Jika calon mahasiswa asal dalam menentukan pilihan kampus, maka kegiatan perkuliahan yang dijalani akan terasa berat. Oleh karenanya, pemilihan kampus dan jurusan yang sesuai dengan minat sangat penting bagi calon mahasiswa. Berkaitan dengan itu, ada sejumlah tips yang akan membantu calon mahasiswa khususnya siswa kelas 12 dalam menentukan kampus tujuan.

 

 

Ini Beberapa Tips Menentukan Universitas Negeri Bagi Calon Mahasiswa

 

1. Informasi Jurusan dan Kampus yang Dituju

Riset menjadi hal utama yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa. Sebelum menentukan, calon mahasiswa harus menggali informasi mengenai kampus dan jurusan yang akan dituju.

Cara melakukan riset cukup mudah, terlebih di era sekarang yang serba teknologi. Calon mahasiswa bisa mencari informasi mengenai kampus dan jurusan melalui internet. Biasanya, masing-masing kampus memiliki situs resmi untuk memudahkan calon mahasiswa.

 

2. Pilih Beberapa Universitas

Setelah menentukan jurusan yang sesuai dengan cita-cita dan minat, calon mahasiswa hendaknya memilih lebih dari satu universitas. Tentukan mana pilihan yang jadi prioritas dan cadangan.

 

 

3. Cermati Reputasi Kampus yang Dipilih

Hal yang harus diperhatikan ke tiga dalam menentukan kampus bagi calon mahasiswa adalah perhatikan reputasi universitas yang dipilih.

 

Reputasi kampus ini bisa dilihat dari akreditasinya. Pastikan kampus pilihan calon mahasiswa memiliki status akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Informasi ini bisa dicek melalui situs resminya di banpt.or.id

 

4. Lokasi Kampus atau Universitas

Lokasi kampus atau universitas jadi pertimbangan yang tak kalah penting. Sebab, jarak kampus akan berdampak pada biaya hidup yang dikeluarkan.

 

5. Fasilitas Kampus atau Universitas

Pastikan calon mahasiswa melakukan riset mengenai fasilitas yang disediakan oleh kampus tujuan. Kenali lebih detail perguruan tinggi agar tidak menyesal di kemudian hari. Sarana pendidikan yang memadai akan mempengaruhi kualitas diri.

 

 

6. Biaya Kuliah

Biaya kuliah menjadi hal penting lainnya yang harus dicermati. Jika biaya kuliah kampus tujuan cukup besar, maka calon mahasiswa bisa mencari beasiswa, baik itu dari kampus maupun luar kampus.

 

7. Konsultasi dengan Orang Terdekat

Berkonsultasi dengan orang terdekat seperti keluarga, teman atau orang yang lebih berpengalaman jadi salah satu tips dalam menentukan universitas pilihan. Setelah berkonsultasi, calon mahasiswa akan mendapatkan berbagai perspektif.

 

Nah, itulah tips untuk kamu dalam menentukan kampus negeri tujuan bagi kamu calon mahasiswa. Semoga informasi ini bermanfaat ya untuk kamu.

 

Bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK 2023 kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya, klik disini.

2.Pengajar sangat berkompeten

3.Berpengalaman selama 13 tahun

4.Materi terupdate tes UTBK

5.Fasilitas sarana super lengkap

 

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama Bimbel Akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama Bimbel Akses,

Daftar Sekarang.

 

Konsultasi mengenai tes UTBK bersama education consultant Bimbel Akseschat disini.

Salam sukses !




 

Refrensi :

https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-6402552/persiapan-seleksi-masuk-ptn-2023-cermati-10-tips-tentukan-kampus-tujuan

Subscribes Channel Youtube Kami