Tips dan Trik Ampuh Masuk PTN usai Gap Year

  • Rabu, 8 Juni 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

Simak Tips dan Trik Ampuh Masuk PTN

bimbelptn.co.id Hello Sobat Bimbel Akses pasti sudah tak asing dengan istilah gap year, bukan? Ini merupakan kondisi di mana seseorang memutuskan untuk tidak langsung kuliah di tahun pertama Setelah lulus sekolah.

 

Tetapi, ada beberapa alasan yang Menjadi keputusan seseorang untuk melakukan gap year. Beberapa di antaranya, tidak lolos berbagai tes masuk PTN, ingin kerja dulu, belum siap kuliah, atau belum menemukan jurusan kuliah yang cocok.

 

Faktanya, gap year di Indonesia masih kerap dipandang sebelah mata. Tak sedikit yang Mengambil keputusan seseorang untuk tidak langsung melanjutkan kuliah selepas lulus sekolah.

 

 

Padahal, di Amerika Serikat, Gap year justru menjadi trend tersendiri. Survei Hostelworld Group mencatat 69 persen dari responden yang berusia 18 tahun memilih untuk gap year agar bisa bebas traveling setelah masa sekolah yang melelahkan.

 

Selain digunakan untuk traveling, Masa-masa gap year juga bisa diisi dengan berbagai aktivitas positif lainnya. Seperti, mempersiapkan diri untuk masuk PTN di Bimbel Akses Mengutip laman medcom.id, berikut lima tips jitu memanfaatkan masa gap year untuk bisa masuk PTN di tahun ajaran selanjutnya :

 

1. Tumbuhkan motivasi belajar
Kebanyakan orang yang kurang beruntung dalam tes masuk PTN di tahun sebelumnya, kemungkinan memiliki motivasi belajar yang menurun. Untuk itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menumbuhkan motivasi belajar selama gap year.

 

2. Atur target
Setelah mendapat motivasi belajar, langkah selanjutnya adalah mengatur target. Di antaranya, target belajar, target nilai yang ingin didapat, serta target jurusan.Target itu akan membantu alur belajar menjadi lebih terarah dan lancar. Tentunya, perlu didukung dengan informasi terkait peluang masuk ke jurusan di PTN yang diincar.

 

3. Cari support system
Support system adalah semacam lingkungan yang sangat mendukung dan memotivasi untuk belajar masuk ke PTN. Di samping itu, ada pula buddy system, yakni teman yang bisa mendukung proses belajar. Carilah kedua hal tersebut selama masa gap year. Untuk buddy system, akan lebih baik bila sosoknya juga sedang menempuh gap year.

 

4. Persiapkan segala sesuatu dengan matang
Gap year berarti tak ada lagi kesempatan masuk PTN melalui jalur SNMPTN, melainkan harus melewati SBMPTN. Untuk itu, persiapkanlah segala hal yang dibutuhkan untuk bisa mengikuti ujian tersebut.

Persiapan itu antara lain mengetahui jadwal SBMPTN, persiapan teknis ikut Melalui Program Bimbel Akses, seberapa besar kuota penerimaan mahasiswa baru pada PTN incaran, dan tentunya persiapan belajar materi yang akan keluar di SBMPTN.

 

5. Belajar
Langkah terpenting tentunya adalah belajar. Alih-alih merasa kurang percaya diri karena memilih gap year, ini saatnya bangkit dan buktikan kemampuan pada semua orang.Buatlah program belajar sebaik mungkin. Agar materi yang dipelajari lebih sistematis, bisa juga mengikuti les khusus mempersiapkan diri di SBMPTN dengan Bimbel Akses Program Curi Start Persiapan 1 Tahun UTBK.

 

Itulah lima tips jitu masuk PTN usai memilih gap year. Perlu diingat, jangan pernah merasa minder karena tidak langsung kuliah. Hal ini justru dapat mengganggu fokus yang akhirnya akan berimbas pada hasil belajar. Semoga dapat membantu kamu yah, bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses.

 

Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

 

 

1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya klik disini

2.Pengajar sangat berkompeten

3.Berpengalaman selama 13 tahun

4.Materi terupdate tes UTBK

5.Fasilitas sarana super lengkap

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama bimbel akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama bimbel akses,
Daftar Sekarang.

 

Referensi :

- https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/5b2GOj2k-5-tips-jitu-masuk-ptn-usai-gap-year

Subscribes Channel Youtube Kami