Simak Ini 5 Fakta Menarik Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2022

  • Kamis, 21 Juli 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

Apa Saja Ya Fakta Menariknya ? Simak Informasi Ini

bimbelptn.co.id - Hallo pejuang PTN bagaimana hasil ujian UTBK SBMPTN kamu ? semoga hasilnya memuaskan ya, bagi yang belum lulus, harus tetap semangat karena kesempatan kamu masih ada di tahun berikutnya, oh iya kali ini kalian pada penasaran ga sih tentang fakta fakta menarik tentang pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2022 ? pasti pada penasaran kan, yuk langsung aja simak informasinya, seperti yang dikutip dari edukasi.okezone.com berikut ini adalah :

 

5 Fakta Menarik Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2022

 

 

Ada hal menarik yang terjadi di pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2022 ini. 

 

Mari kita simak fakta-fakta menarik pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2022 yang dihimpun Okezone berikut ini!

 

1. UGM jadi PTN yang bolak-balik dapat siswa nilai tertinggi

 

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mochamad Ashari mengucapkan selamat kepada Universitas Gadjah Mada (UGM) karena banyak mendapatkan siswa dengan nilai tertinggi. Hal itu terjadi baik pada jalur Soshum mapun Saintek.

"UGM ini bolak-balik dapat (siswa dengan nilai tertinggi). Selamat kepada UGM karena mendapat banyak bibit-bibit Indonesia yang terbaik," tegasnya pada konferensi press di Gedung Kemendikbud, Jakarta (23/6/2022)," ujarnya, dalam konferensi press Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2022, di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Bedasarkan data statistik Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2022, setidaknya UGM mendapatkan 5 siswa dengan nilai tertinggi di Jurusan Saintek dan 5 siswa dengan nilai tertinggi di Jurusan Soshum.

 

2. Jumlah peserta yang diterima PTN

 

Mochamad Ashari menjelaskan, pada kelompok Saintek, terdapat peserta sebanyak 349,791, namun diterima sebanyak 88.073, artinya sebanyak 24,65 persen pendaftar di Perguruan Tinggi Negeri.

Adapun, pada prodi Soshum terdapat sebanyak 327,714 pendaftar, namun yang diterima hanya sebanyak 86,801 peserta. Sehingga, presentase yang diterima adalah sebanyak 23,29 persen.

Sedangkan, yang mendaftar Saintek dan Soshum sebanyak 68,347 pendaftar, dan yang diterima sebanyak 17,306 dengan presentasi penerimaan sebesar 25,32 persen.

Sementara, pada total peserta SBMPTN 2022 yakni sebanyak 800,852 ribu peserta, dan yang diterima sebanyak 192,810 atau dengan presentase sebesar 24,07 persen.

 

Program Bimbel Akses

Join Now

 

3. Minta prodi pertanian dan pendidikan kejuruan menurun

 

da SBMPTN 2022, ada beberapa program studi yang kurang diminati oleh para calon mahasiswa. Program studi tersebut adalah Pertanian dan Pendidikan Kejuruan.

“Kita melihat beberapa program studi yang peminatnya agak turun, misalnya Pertanian dan Pendidikan Kejuruan,” kata Dirjen Diktiristek Kemendikbud Ristek Nizam pada konferensi pers.

Ia menjelaskan, meskipun Indonesia sudah masuk sebagai negara industri dan jasa, tetapi 40 persen masyarakat Indonesia masih bergantung pada pertanian.

Artinya, bidang pertanian ini masih sangat penting untuk dikembangkan oleh calon-calon penerus bangsa.

“Di era 4.0 ini, pertanian akan masuk kedalam pertanian modern, pertanian milenial dan pertanian 4.0, sehingga ketahanan pangan kita semakin kuat,” jelas Nizam.

Selain itu, Nizam juga menyampaikan bahwa teman-teman di vokasi kesulitan untuk mencari guru-guru SMK.

Hal itu disebabkan karena sedikit minat dari calon mahasiswa yang mengambil program studi bidang Pendidikan Kejuruan.

Nizam mengimbau para calon mahasiswa untuk mempertimbangkan Pendidikan Kejuruan sebagai program studi pilihan.


4. Ada 200 peserta UTBK SBMPTN 2022 ketahuan curang

 

Mochamad Ashari mengungkapkan bahwa pihaknya telah menemukan ratusan kecurangan di UTBK 2022.

Menurutnya, ada sekitar 200 peserta yang melakukan kecurangan di UTBK SBMPTN 2022.

"Sekarang sekitar 200-an. Kalau 2021 itu 300-an," ungkapnya.

Namun, ia memastikan para peserta yang melakukan kecurangan tersebut akan langsung didiskualifikasi dan tidak akan menerbitkan nilai UTBK SBMPTN mereka.

 

5. 9 calon mahasiswa kedokteran raih nilai tertinggi UTBK SBMPTN 2022

 

Dalam SBMPTN 2022 kali ini ada 10 peserta yang berhasil mendapatkan nilai UTBK tertinggi di masing-masing kelompok ujian.

Di kelompok ujian Saintek, ada calon mahasiswa Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Komputasi Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menduduki peringkat pertama nilai tertinggi SBMPTN 2022 dengan nilai sebesar 830,98.

"Ada 10 peserta dengan nilai terbaik dari 800 ribuan peserta. Nilai tertinggi nomor satu kuliah di STEI ITB," ungkap Mochamad Ashari saat konferensi pers Pengumuman Hasil SBMPTN 2022.

Namun, jurusan tersebut menjadi satu-satunya peserta yang mendapatkan nilai tertinggi di UTBK SBMPTN 2022 Saintek, 9 calon mahasiswa lainnya memilih jurusan kedokteran.

 

Nah itu dia 5 Fakta Menarik Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2022 yang dikutip dari edukasi.okezone.com

 

 

Bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK 2023 kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

 

1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya, klik disini.
2.Pengajar sangat berkompeten
3.Berpengalaman selama 13 tahun
4.Materi terupdate tes UTBK
5.Fasilitas sarana super lengkap

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama Bimbel Akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama Bimbel Akses,
Daftar Sekarang.

 

Konsultasi mengenai tes UTBK bersama education consultant Bimbel Akseschat disini.

 

Salam sukses !

 

Referensi :
- https://edukasi.okezone.com/read/2022/06/23/65/2617056/5-fakta-menarik-pengumuman-hasil-utbk-sbmptn-2022-ltmpt-temukan-200-peserta-curang?page=1

Subscribes Channel Youtube Kami