Simak 6 Tips Menghadapi Burnout Untuk Mahasiswa

  • Rabu, 15 Juni 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

6 Tips Menghadapi Burnout Untuk Mahasiswa

bimbelptn.co.id - Seringkali, Mahasiswa merasa lelah ketika harus menghadiri kelas dengan menatap layar setiap harinya. Selain itu, tambahan beban tugas yang berat membuat saya merasa stres. Sehingga, kondisi ini tidak jarang membuat terhambatnya proses penerimaan pengetahuan saya selama mengikuti pembelajaran secara daring. Maka dari itu, bagi kamu para mahasiswa, apakah kamu sudah menyadari kondisimu saat ini ?.

 

Sebab, tanpa kita sadari, gejala lelah dan stres yang berkepanjangan yang dibiarkan begitu saja dapat memicu burnout. Burnout yang tidak ditangani bisa berdampak pada kehidupan sosial kita sebagai para mahasiswa, yang kemudian membuat terganggunya juga kelangsungan hidup kita.

 

Nah, bagaimana cara mahasiswa mengatasi gejala burnout ini, Dikutip dari yoursay.suara.com 

 

 

Ini Dia Tips Mengatasi Burnout untuk Mahasiswa, Yuk Simak Selengkapnya

 

1. Berikan waktu istirahat bagi tubuh dan pikiran

 

Walaupun tugas atau kegiatan yang harus dilakukan terus menumpuk, perlu diingat untuk tetap memberikan waktu istirahat bagi tubuh dan pikiranmu, Tidak apa-apa untuk beristirahat sejenak sembari mengisi kembali tenaga dan semangat kerjamu.

 

2. Buatlah sebuah daftar prioritas

 

Penting bagi kita untuk dapat merancang suatu daftar prioritas mengenai hal-hal yang dianggap penting. Adanya daftar prioritas membantu kita fokus dan teratur menyelesaikan tanggung jawab secara efektif.

 

3. Aktif dalam bersosialisasi dengan orang di sekitarmu

 

Salah satu cara melepaskan stres, yaitu dengan menghabiskan waktu luang berkumpul dengan orang - orang di sekitarmu. Selain membuat suasana menjadi lebih santai, kamu juga bisa terhibur dengan adanya mengadakan kegiatan bersama,  seperti berolahraga, bepergian, atau pun hanya sekedar duduk dan berbincang dengan satu sama lain.

 

4. Lakukan kegiatan yang membuat kamu nyaman

 

Melakukan Kegiatan atau hobi yang kamu sukai seperti menari, melukis, memasak, membaca dan lainnya yang dapat kamu habiskan sesuai dengan keinginan sendiri dan menjadi cara bagi kamu untuk menyalurkan tekanan stres yang ada.

 

 

5. Mencari motivasi

 

Ketika kamu mengalami burnout, tidak heran lagi jika semangat dan motivasi dalam dirimu hilang. Dengan memisahkan diri sejenak dari tanggung jawabmu dan mencoba mencari kembali motivasi dengan melakukan kegiatan, seperti membaca buku, artikel, serta mendengarkan podcast yang mengangkat pesan positif.

 

6. Belajar sesuai dengan kemampuanmu

 

Seorang manusia tidak wajib untuk melakukan semua kegiatannya sendiri, karena hal ini hanya akan membuat kamu merasa lelah dan tertekan. Mencicil tugas dan belajar sesuai kemampuan dapat mempermudah kamu untuk mencerna pengetahuan yang diterima daripada memaksakan diri mengerjakan segalanya secara berlebihan.

 

Nah, Itu dia tips yang dapat dilakukan oleh para mahasiswa dalam mengatasi burnout. Terpisah dari fokus akan kepentingan kuliah, ingatlah untuk tetap meluangkan waktu sejenak dan beristirahat yang cukup agar dapat mengembalikan tenaga dan semangat belajarmu.

 

Bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK 2023 kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

 
1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya, klik disini.
2.Pengajar sangat berkompeten
3.Berpengalaman selama 13 tahun
4.Materi terupdate tes UTBK
5.Fasilitas sarana super lengkap

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama Bimbel Akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama Bimbel Akses,
Daftar Sekarang.

 

Konsultasi mengenai tes UTBK bersama education consultant Bimbel Akseschat disini.

 

Referensi :

- https://yoursay.suara.com/lifestyle/2021/12/26/160342/6-tips-mengatasi-burnout-untuk-mahasiswa-jangan-lupa-istirahat#:~:text=Berikut%20beberapa%20tips%20yang%20dapat%20membantu%20para%20mahasiswa,tetap%20memberikan%20waktu%20istirahat%20bagi%20tubuh%20dan%20pikiranmu.

Subscribes Channel Youtube Kami