PTN Punya Kuota Seleksi Mandiri Sampai 50 Persen, Cek Sekarang !

  • Rabu, 14 Desember 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

bimbelptn.co.id - Menjelang seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru (SNPMB) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2023, siswa SMA, SMK bisa mengecek PTN yang kuota jalur seleksi mandirinya sangat banyak. Bahkan, sampai 50 persen. Adapun PTN yang punya jalur seleksi mandiri sampai 50 persen ini karena berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, PTN yang berstatus PTN BH memang memiliki kuota jalur seleksi mandiri lebih banyak. Namun, 21 PTN-BH ini punya kuota Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) atau dulu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) lebih sedikit dari PTN yang belum berstatus PTN BH.

 

 

Siswa SMA, SMK harus tahu jika seleksi masuk PTN 2023, selain jalur seleksi mandiri dan SNBT ada juga Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau dulu bernama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Dari aturan yang sama, kuota SNBP, minimum 20 persen mahasiswa. Lalu SNBT minimum 40 persen dan Jalur Mandiri maksimum 30 persen. Namun untuk Jalur Mandiri di PTN-BH ada kuota tersendiri yaitu untuk SNBT kuota minimumnya 30 persen dan di Jalur Mandiri maksimum 50 persen. Jadi, jika kamu tak lolos seleksi SNBP atau SNBT, siswa atau calon mahasiswa bisa mencoba jalur seleksi mandiri.

 

Contohnya Seleksi Masuk (SIMAK) yang dipakai di Universitas Indonesia, Seleksi Masuk Universitas Brawijaya (Selma UB), lalu Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) di Institut Teknologi Bandung (ITB), dan masih banyak lagi. Untuk itu, cek 21 PTN-BH yang punya kuota mandiri maksimum 50 persen buat referensi siswa atau calon mahasiswa di tahun 2023.

 

 

21 PTN BH dengan kuota Seleksi Mandiri sampai 50 persen:

 

1. Universitas Indonesia (UI)

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

3. Institut Pertanian Bogor (IPB)

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

6. Universitas Padjadjaran (Unpad)

7. Universitas Diponegoro (Undip)

8. Universitas Airlangga (Unair)

9. Universitas Brawijaya (UB)

10. Universitas Sumatera Utara (USU)

11. Universitas Hasanuddin (Unhas)

 

 

12. Universitas Sebelas Maret (UNS)

13. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

14. Universitas Negeri Malang (UM)

15. Universitas Andalas

16. Universitas Negeri Padang (UNP)

17. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

18. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

19. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

20. Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)

21. Universitas Terbuka

 

Nah, Itulah daftar PTN BH yang mempunyai kuota jalur seleksi mandiri sampai 50 persen. Buat siswa SMA atau SMK, jadikan informasi di atas sebagai referensi daftar seleksi PTN tahun 2023.

 

 

Bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK 2023 kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya, klik disini.

2.Pengajar sangat berkompeten

3.Berpengalaman selama 13 tahun

4.Materi terupdate tes UTBK

5.Fasilitas sarana super lengkap

 

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama Bimbel Akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama Bimbel Akses,

Daftar Sekarang.

 

Konsultasi mengenai tes UTBK bersama education consultant Bimbel Akseschat disini.

Salam sukses !




 

Refrensi :

https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/13/140922571/21-ptn-punya-kuota-seleksi-mandiri-sampai-50-persen-cek-mana-saja?page=3

Subscribes Channel Youtube Kami