PTN Ini Masih Buka Jalur OSIS Hingga Juni 2023

  • Jumat, 28 April 2023
  • Redaksi Bimbel Akses

bimbelptn.co.id - Hallo sahabat Akses, Apakah kamu anggota atau ketua Organisasi Siswa Inti Sekolah (OSIS)? Cobalah mendaftar jalur mandiri di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang masih dibuka hingga Juni 2023. Dua PTN yang masih membuka jalur ketua OSIS ini adalah Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Universitas Sebelas Maret (UNS). Jenjang kuliah yang bisa kamu pilih melalui jalur ketua OSIS ialah D3, D4, S1. Jalur ketua OSIS ini dibuka untuk menjaring calon mahasiswa yang memiliki jiwa kepemimpinan. Dengan memiliki jiwa kepemimpinan, mahasiswa dinilai bisa meningkatkan kompetensi keilmuannya selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi.


Sebagai informasi, Unesa sudah mengumumkan jadwal pendaftaran jalur ketua OSIS atau Jalur Prestasi Kepemimpinan yang dibuka pada 8 Juni 2023. Sementara untuk UNS, belum diumumkan kapan jalur ketua OSIS dibuka. Berdasarkan jadwal tahun sebelumnya, pendaftaran dibuka pada bulan Mei. Sebelum mendaftar, cek dulu persyaratan jalur ketua OSIS di Unesa dan UNS tahun 2023 berikut ini.

 

 

1. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Melalui Jalur Prestasi Kepemimpinan Muda, jalur ini ditujukan bagi peserta yang pernah menjadi ketua atau sekretaris OSIS. Peserta hanya bisa memilih satu prodi yang diminati. Sehingga cek dulu jurusan mana yang sesuai dengan minat dan bakatmu.

Persyaratan Umum

  1. Warga negara Indonesia
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/Paket C atau yang sederajat tahun 2023 (dibuktikan dengan ijazah atau Surat Keterangan Lulus untuk lulusan tahun 2023)
  3. Memiliki surat keputusan atau sertifikat pengurus OSIS pengurus inti (sebagai ketua, sekretaris, bendahara beserta wakilnya) dari kepala sekolah


Jadwal pendaftaran

  • Pendaftaran SPMB Prestasi: 8-24 Juni 2023
  • Tes Tulis SPMB Prestasi: 26 Juni 2023
  • Tes Wawancara atau keterampilan SPMB Prestasi: 27 Juni 2023
  • Pengumuman SPMB Prestasi: 28 Juni 2023

 

 

2. Universitas Sebelas Maret (UNS)  

Jalur ketua OSIS di Seleksi Mandiri UNS bernama Jalur Kepemimpinan Muda atau SMJKM. Jalur ini dibuka untuk jenjang Diploma (D3 dan S4) serta S1. Tujuan jalur ini ialah menjaring calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat paling lama tiga tahun terakhir yang pernah menjadi Ketua OSIS dan Pramuka minimal satu periode.

SMJKM memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengasah jiwa kepemimpinan dan meningkatkan kompetensi keilmuannya selama menempuh pendidikan di UNS.

Persyaratan umum

  1. WNI
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat paling lama tiga tahun terakhir.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.
  4. Mendaftarkan diri sebagai peserta Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SMJKM).
  5. Rapor mulai semester 1 sampai dengan 5, atau semester 1 sampai semester 7 bagi SMK 4 tahun, atau siswa akselerasi semester 1 sampai semester 4.
  6. Pernah menjadi Ketua OSIS atau Ketua Umum Pramuka (Pradana/Pradani) selama menempuh pendidikan di SMA/MA atau yang sederajat yang dibuktikan dengan Surat keputusan dari Kepala Sekolah tentang susunan pengurus OSIS atau Surat Keputusan Dewan Ambalan tentang susunan pengurus Pramuka.

 

Jadwal pendaftaran jalur ketua OSIS milik UNS ini belum dibuka untuk tahun 2023. Berdasarkan jadwal tahun 2022, pendaftaran dibuka pada bulan Mei. Sebagai persiapan, siswa bisa mengecek persyaratan untuk pendaftaran. Jangan lupa, update terus di laman UNS untuk jadwal terbaru. Jadi itulah 2 PTN yang masih membuka jalur ketua OSIS hingga Juni 2023. Apakah kamu tertarik? Segera persiapkan persyaratannya. 

 

 

Bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK 2023 kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

 

1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya, klik disini.

2.Pengajar sangat berkompeten

3.Berpengalaman selama 14 tahun

4.Materi terupdate tes UTBK

5.Fasilitas sarana super lengkap

Klik Disini

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama Bimbel Akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama Bimbel Akses, Konsultasi mengenai tes UTBK bersama education consultant Bimbel Akseschat disini.

 

Salam sukses !

 

 

 

 

Refrensi :

- https://www.kompas.com/edu/read/2023/04/17/143000371/2-ptn-masih-buka-jalur-osis-hingga-juni-2023-segera-daftar?page=all

Subscribes Channel Youtube Kami