• Minggu, 16 Juni 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Ganefri, Ketua Umum Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), menyatakan bahwa peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dapat mengikuti seleksi mandiri. Namun, peserta yang ingin mengikuti seleksi mandiri harus mengundurkan diri atau tidak melakukan daftar ulang sebagai calon mahasiswa jalur SNBT.


"Peserta yang dinyatakan lulus harus segera melakukan pendaftaran ulang. Jika tidak, maka dianggap mengundurkan diri. Setelah itu, mereka bisa mendaftar di mana saja untuk ujian mandiri," kata Ganefri, yang juga Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), dalam konferensi pers pengumuman SNBT 2024 yang disiarkan langsung di kanal YouTube SNPMB, Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP), pada Kamis, 13 Juni 2024.




Sebagai contoh, jika seorang peserta diterima di program studi farmasi tetapi ingin berkuliah di kedokteran, mereka dapat mengundurkan diri dengan tidak mengikuti daftar ulang dan kemudian mendaftar seleksi mandiri di PTN lain yang memiliki passing grade lebih rendah.


Ganefri menjelaskan bahwa aturan SNBT tidak terlalu ketat dan panitia tidak boleh melarang peserta yang ingin memilih jalur lain setelah diterima di PTN. Namun, berbeda dengan peserta yang lolos di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), mereka wajib melanjutkan karena diberikan jalur afirmasi.


Dia juga menyadari bahwa aturan SNBT ini bisa merugikan peserta lain yang tidak diterima karena daya tampung tidak terserap maksimal. Namun, demi kebebasan calon mahasiswa dalam menentukan minat dan bakat, keputusan tersebut ditetapkan.


Eduart Wolok, Wakil Ketua II Tim SNPMB, menyebutkan bahwa peserta yang lolos SNBT dan telah melakukan daftar ulang tidak dapat mengikuti seleksi mandiri, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 62 Tahun 2023. Hal ini untuk memastikan sebaran daya tampung yang adil dan tidak merugikan peserta lain yang sangat mengharapkan kursi tersebut.


Sebanyak 231.104 peserta dinyatakan lulus dari 749.257 pendaftar, dengan 190.444 diterima di PTN Akademik, 12.245 di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN), dan 28.415 di PTN Vokasi.


TELAH HADIR, BIMBINGAN BELAJAR PERSIAPAN LULUS TES PERGURUAN TINGGI NEGERI PERTAMA, TERBAIK DAN TERSIAP DI INDONESIA TERBUKTI 70% LULUS TES & TERCAPAI MIMPINYA. BAGI KAMU YANG INGIN IKUT SELEKSI MASUK PTN 2024 MULAI PERSIAPKAN DARI SEKARANG YUK BERSAMA BIMBEL AKSES! 


Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes PTN, Tryout UTBK-SNBT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes masuk PTN 2024 Bersama Bimbel Akses. 




Apa Aja Program Dari Bimbel Akses?

Program persiapan masuk PTN 2024 ini adalah program dari Bimbel Akses dengan FASILITAS yang super lengkap! mau tau programnya apa saja?

Berikut beberapa programnya :

✔️Paket Lengkap SNBP, SNBT, & MANDIRI 5 Bulan

✔️Paket SNBP

✔️Paket SNBT 4 Bulan

✔️Paket Mandiri 1 Bulan


Yuk gabung sekarang dan dapatkan promo dan cashbacknya! Kuota terbatas loh.Syarat dan ketentuan berlaku.Masih ragu untuk gabung kelasnya? Sudah ribuan peserta yang sudah lulus bersama Bimbel Akses, telah dipercaya karena sudah bekerja dengan Kementerian. 


Mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami


Referensi: https://tekno.tempo.co/read/1880012/peserta-lolos-snbt-2024-tak-perlu-daftar-ulang-agar-bisa-ikut-seleksi-mandiri 

Subscribes Channel Youtube Kami