Perubahan 3 Jalur Masuk PTN 2023, SNBP SNBT, Jalur Mandiri

  • Senin, 20 Maret 2023
  • Redaksi Bimbel Akses

bimbelptn.co.id - Hallo sahabat Akses, Alur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di tahun 2023 diberitakan akan ada sedikit perubahan. Beberapa penyesuaian terkait perubahan jalur masuk PTN tahun 2023 dimaksudkan agar seluruh calon mahasiswa Indonesia bisa bersaing secara sehat dan merata. Seperti dilansir BeritaSoloRaya.com dari kanal YouTube KEMENDIKBUD RI pada Kamis, 23 Februari 2023, dikatakan bahwa ada transformasi jalur masuk PTN di tahun 2023. Belum lama ini, skema baru jalur masuk seleksi PTN 2023 telah disampaikan dalam konferensi pers SNPMB.

 

Jadi, berdasarkan konferensi pers SNPMB tersebut, didapat informasi mengenai beberapa perubahan skema jalur masuk PTN di tahun 2023 ini. Disebutkan juga akan ada tiga jalur baru sebelum masuk seleksi PTN yang bisa diikuti oleh para calon mahasiswa baru. Nah, bagi kamu yang ingin mengikuti jalur seleksi masuk PTN di tahun 2023 ini, sebaiknya simak informasi selengkapnya tentang 3 jalur baru seleksi PTN di tahun 2023 berikut ini.

 

 

SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi)


Seleksi SNBP merupakan pengganti dari SNMPTN. Pada seleksi ini berupa penghargaan kepada siswa yang telah berhasil menempuh pendidikan dengan jalur prestasi. Untuk tahapan seleksi SNBP akan dilakukan dengan cara pemberian bobot minimal 50 persen untuk nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran.

 

SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Teks)


Selanjutnya, ada juga jalur seleksi SNBT yang sebelumnya biasa dikenal dengan SBMPTN. Bedanya, SNBT akan lebih fokus dan terperinci. Pada tahap pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan terhadap suatu masalah, nantinya SNBT tidak lagi akan ada tes mata pelajaran. Hanya saja, tes yang diberikan berupa skolastik yang berfungsi sebagai mengukur empat hal meliputi potensi kognitif, penalaran matematika, serta literasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Di sini, pada pokoknya akan lebih condong pada tes penalaran.

 

 

Seleksi secara mandiri oleh PTN


Jalur ketiga yang dapat ditempuh oleh para calon mahasiswa, yakni jalur seleksi mandiri oleh PTN. Di jalur ini pemerintah mengatur agar nantinya proses seleksi dapat dilakukan secara transparan dan murni. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk turut aktif mengawasi jalannya seleksi secara mandiri oleh PTN dan seleksi ini ke depannya. Jalur PTN harus berdasarkan seleksi akademis dan dilarang disangkutkan dengan keperluan atau tujuan komersial.

Nah, demikian 3 jalur seleksi masuk PTN di tahun 2023 ini, semoga bermanfaat dan sukses selalu yaa...

 

 

Bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK 2023 kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

 

1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya, klik disini.

2.Pengajar sangat berkompeten

3.Berpengalaman selama 14 tahun

4.Materi terupdate tes UTBK

5.Fasilitas sarana super lengkap

 

 

 

Klik Disini

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama Bimbel Akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama Bimbel Akses,

Daftar Sekarang.

 

Konsultasi mengenai tes UTBK bersama education consultant Bimbel Akseschat disini.

Salam sukses !

 

 

 

Refrensi :

https://prsoloraya.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-1116319671/calon-mahasiswa-senang-berikut-perubahan-3-jalur-masuk-ptn-tahun-2023-snbp-snbt-jalur-mandiri

Subscribes Channel Youtube Kami