Perguruan Tinggi Negeri ini  Membuka Jalur Mandiri Tanpa Tes, Simak Ini Daftarnya

  • Rabu, 26 Oktober 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

 

Tertarik Masuk Perguran Tinggi Negeri Tanpa Tes, Simak Informasi Ini


 

bimbelptn.co.id - Perguruan tinggi negeri ( PTN ) merupakan universitas yang dikelola oleh pemerintah, tepatnya berada di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Sebagai perguruan tinggi milik pemerintah, PTN diwajibkan untuk mencari dan menjaring calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik tinggi. Namun, kurang mampu secara ekonomi, dan calon mahasiswa dari daerah terdepan, terluar, dam tertinggal untuk melanjutkan pendidikan di PTN tersebut.

 

Dalam penerimaan mahasiswa baru, Kemendikbudristek telah menetapkan skema baru terkait jalur masuk ke PTN. Aturan tersebut telah ditetapkan melalui Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada PTN. Jalur penerimaan mahasiswa baru terbagi menjadi 3, yaitu seleksi nasional berdasarkan prestasi, seleksi nasional berdasarkan tes, dan seleksi secara mandiri oleh PTN. Berdasarkan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, jumlah PTN di Indonesia mencapai 122 kampus. Biaya Pendidikan PTN dibantu dan diberikan subsidi oleh negara, sehingga secara umum tergolong lebih rendah dibandingkan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

 

Beberapa contoh perguruan tinggi negeri unggul yang ada di Indonesia antara lain adalah: 

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Gadjah Mada
  • Institut Pertanian Bogor
  • Institut Teknologi Sepuluh November
  • Universitas Brawijaya. 

 

Lalu, Universitas mana sajakah yang membuka jalur mandiri tanpa tes? Nah dikutip dari edukasi.sindonews.com Simak berikut ini. 

 

1. Universitas Diponegoro (UNDIP) 

Tahun-tahun sebelumnya, jalur mandiri UNDIP dilakukan dengan sistem tes tulis yang lokasinya tersebar di beberapa kota. Namun, saat ini UNDIP memutuskan untuk menggunakan nilai rapor dan portofolio sebagai acuan seleksi mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Peserta yang berminat dapat langsung mendaftar dan mengisi data portofolio berupa rapor semester 1-5 dan atau prestasi lain melalui aplikasi, selain itu juga diwajibkan untuk melakukan upload Surat Pernyataan setelah ditandatangani oleh peserta dan orang tua.

 


 

2. Universitas Negeri Semarang (UNNES) 

Masih satu lokasi dengan UNDIP, tepatnya di Semarang, Jawa Tengah, Universitas Negeri Semarang atau yang biasa disingkat UNNES ini juga melakukan seleksi mandiri dengan berdasarkan nilai rapor. Terdapat dua jalur penerimaan, yakni jalur reguler dan jalur Pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), yang membedakan adalah calon mahasiswa yang memilih jalur reguler perlu membayar biaya pendaftaran. Peserta dapat menginput data nilai rapor semester 1-5 dan prestasi melalui aplikasi. Sementara itu untuk peserta yang memilih program studi seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio/video di youtube dan menginput tautan di aplikasi.


 

3. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) 

Jalur mandiri dengan nilai rapor yang dibuka oleh UNY dinamakan Seleksi Non-Tes Berbasis Nilai Rapor (SM-Prestasi Akademik) yang melakukan seleksi berbasis nilai rapor untuk calon mahasiswa baru S1 dan/atau D4. Peserta dapat mendaftar dan menginput nilai rapor di laman resmi UNY, selain itu untuk peserta yang memilih prodi olahraga atau seni harus mengunggah portofolio sesuai pilihan prodi.


 

4. Universitas Islam Negeri (UIN

Jakarta Universitas ini berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan. Memiliki beberapa jalur mandiri, salah satunya adalah seleksi menggunakan nilai rapor. Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Mandiri (SPMB Mandiri) menerapkan seleksi melalui penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan non akademik, tanpa ujian tertulis.


 

Nah itu dia Perguruan Tinggi Negeri yang Membuka Jalur Mandiri Tanpa Tes, semoga informasi ini membantu untuk kamu masuk PTN ya. Salam Sukses !!


 

Bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK 2023 kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya, klik disini.

2.Pengajar sangat berkompeten

3.Berpengalaman selama 13 tahun

4.Materi terupdate tes UTBK

5.Fasilitas sarana super lengkap

 

 

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama Bimbel Akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama Bimbel Akses,

Daftar Sekarang.

 

Konsultasi mengenai tes UTBK bersama education consultant Bimbel Akses, chat disini.

 

Salam sukses !




 

Refrensi :

 

https://edukasi.sindonews.com/read/923011/211/sederet-perguruan-tinggi-negeri-yang-membuka-jalur-mandiri-tanpa-tes-ini-daftarnya-1666746654?showpage=all

 

Subscribes Channel Youtube Kami