Pelaksana Seleksi Masuk PTN Mulai 2023, Bukan Lagi LTMPT

  • Rabu, 5 Oktober 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

bimbelptn.co.id - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tidak lagi menjadi penyelenggara seleksi penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) mulai tahun 2023. Dikutip dari Kompas.com Hal itu seiring kebijakan baru yang diumumkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim.  Pihak LTMPT juga memberikan pengumuman terkait hal tersebut pada Minggu (11/9/2022) malam melalui Pengumuman resmi LTMPT Nomor: 04/Peng.LTMPT/2022. 

 

"Sehubungan dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri bertanggal 1 September 2022, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tidak lagi melaksanakan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri," tulis LTMPT.

 

Setelah LTMPT tidak lagi menjadi penyelenggara seleksi masuk PTN, lalu apa gantinya?  

Diselenggarakan Kemendikbud Ristek dan PTN Berdasarkan Pasal 20 Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022, seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bekerja sama dengan PTN. Dengan demikian, segala urusan terkait seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru telah beralih menjadi wewenang Kementerian. 

 

Segala urusan terkait persiapan pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa 2023 berada di bawah koordinasi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) pada Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

 

 

Perubahan seleksi PTN 2023 Sebelumnya pada acara Merdeka Belajar Episode 22 Nadiem Makarim mengungkapkan ada perubahan besar dalam jalur penerimaan mahasiswa baru di PTN. 

 

Pada jalur SNMPTN 2023, pemeringkatan minimal 50 persen rata-rata nilai rapor seluruh mata pelajaran. Maksimal 50 persen komponen penggali minat dan bakat. Sementara itu pada jalur SBMPTN 2023 tidak akan ada tes mata pelajaran atau yang selama ini disebut Tes Kemampuan Akademik (TKA). Oleh karena itu SBMPTN 2023 hanya akan menggunakan Tes Potensi Skolastik (TPS). 

 

Tes skolastik yang mengukur beberapa hal, seperti:

 

1. Potensi kognitif 

2. Penalaran matematika 

3. Literasi dalam bahasa Indonesia 

4. Literasi dalam bahasa Inggris. 

 

Selain itu terkait jalur mandiri 2023, ditekankan pada regulasi terkait transformasi dan akuntabilitas dijabarkan secara spesifik. Masyarakat juga didorong untuk ikut mengawasi proses pelaksanaan seleksi mandiri oleh PTN.



 

Nah Setelah LTMPT tidak lagi menjadi penyelenggara seleksi masuk PTN, lalu nanti gantinya berada di bawah koordinasi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3).

Bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK 2023 kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya, klik disini.

2.Pengajar sangat berkompeten

3.Berpengalaman selama 13 tahun

4.Materi terupdate tes UTBK

5.Fasilitas sarana super lengkap

 

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama Bimbel Akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama Bimbel Akses,

Daftar Sekarang.

 

Konsultasi mengenai tes UTBK bersama education consultant Bimbel Akses, chat disini.

 

Salam sukses !

https://www.kompas.com/tren/read/2022/09/12/063000465/ltmpt-bukan-lagi-pelaksana-seleksi-masuk-ptn-mulai-2023-ini-gantinya?page=all

 

Subscribes Channel Youtube Kami