• Kamis, 13 Juni 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Kemendikbudristek mengumumkan bahwa 28.415 peserta telah lulus Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) vokasi dari total 257.256 pendaftar.


Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024, Prof Ganefri, mengungkapkan bahwa dari 257 ribu pendaftar, hanya 28 ribu yang diterima.


Dari 28.415 peserta yang diterima melalui jalur SNBT di PTN Vokasi, 5.730 diterima di pilihan pertama, 4.216 diterima di pilihan kedua, 11.478 diterima di pilihan ketiga, dan 6.991 diterima di pilihan keempat. 


Sementara itu, 11.147 peserta dari total 71.804 pendaftar dengan KIP Kuliah berhasil lolos masuk PTN vokasi melalui jalur SNBT.


Ganefri menyatakan bahwa program studi dengan persaingan ketat pada jalur SNBT tahun ini didominasi oleh jenjang D3 dan D4, berbeda dari tahun sebelumnya yang juga mencakup jenjang S1. 




Hal ini menunjukkan meningkatnya minat masyarakat terhadap pendidikan vokasi, meskipun jumlah yang memilih PTN Akademik masih lebih banyak dibandingkan politeknik.


Beberapa program studi vokasi yang paling ketat dalam SNBT tahun ini adalah:

  • Farmasi (D3) Universitas Sebelas Maret dengan tingkat keketatan 0,50 persen

  • Keperawatan Anestesiologi (D4) Universitas Sebelas Maret dengan tingkat keketatan 0,50 persen

  • Kebidanan (D4) Universitas Padjadjaran dengan tingkat keketatan 0,51 persen

  • Manajemen Bisnis (D3) Universitas Sebelas Maret dengan tingkat keketatan 0,58 persen

  • Hubungan Masyarakat (D3) Universitas Indonesia dengan tingkat keketatan 0,63 persen

  • Teknik Sipil (D4) Universitas Negeri Yogyakarta dengan tingkat keketatan 0,63 persen

  • Analisis Farmasi dan Makanan (D3) Universitas Sumatera Utara dengan tingkat keketatan 0,69 persen

  • Keselamatan dan Kesehatan Kerja (D4) Universitas Sebelas Maret dengan tingkat keketatan 0,74 persen

  • Akuntansi (D3) Universitas Indonesia dengan tingkat keketatan 0,76 persen

  • Bisnis Kreatif (D4) Universitas Indonesia dengan tingkat keketatan 0,77 persen


Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Kiki Yuliati, menambahkan bahwa pemerintah telah menyiapkan sistem seleksi yang lebih efektif dan adil melalui SNBT. 


Ia berpesan kepada peserta yang lolos untuk memilih program studi yang sesuai dengan kemampuan, bakat, dan potensi mereka agar dapat menjalani perkuliahan dengan baik.


“Kami benar-benar mendorong calon mahasiswa untuk mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh untuk mengikuti perkuliahan di PTN, karena kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,” kata Kiki.


TELAH HADIR, BIMBINGAN BELAJAR PERSIAPAN LULUS TES PERGURUAN TINGGI NEGERI PERTAMA, TERBAIK DAN TERSIAP DI INDONESIA TERBUKTI 70% LULUS TES & TERCAPAI MIMPINYA. BAGI KAMU YANG INGIN IKUT SELEKSI MASUK PTN 2024 MULAI PERSIAPKAN DARI SEKARANG YUK BERSAMA BIMBEL AKSES! 


Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes PTN, Tryout UTBK-SNBT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes masuk PTN 2024 Bersama Bimbel Akses. 




Apa Aja Program Dari Bimbel Akses?

Program persiapan masuk PTN 2024 ini adalah program dari Bimbel Akses dengan FASILITAS yang super lengkap! mau tau programnya apa saja?

Berikut beberapa programnya :

✔️Paket Lengkap SNBP, SNBT, & MANDIRI 5 Bulan

✔️Paket SNBP

✔️Paket SNBT 4 Bulan

✔️Paket Mandiri 1 Bulan


Yuk gabung sekarang dan dapatkan promo dan cashbacknya! Kuota terbatas loh.Syarat dan ketentuan berlaku.Masih ragu untuk gabung kelasnya? Sudah ribuan peserta yang sudah lulus bersama Bimbel Akses, telah dipercaya karena sudah bekerja dengan Kementerian. 


Mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami

21

Referensi: https://www.antaranews.com/berita/4150527/kemendikbudristek-28415-peserta-lolos-snbt-ptn-vokasi 

Subscribes Channel Youtube Kami