Kamu Harus Tahu! 7 Lifehack Mengerjakan Tugas Kuliah Secara Cepat dan Efektif

  • Jumat, 8 Juli 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

Bagaimana Cara Mengerjakan Tugas Kuliah Secara Cepat dan Efektif ? Simak Informasi Ini

bimbelptn.co.id - Hallo Sobat Akses Education! Bagaimana kabarnya? Buat kamu calon Mahasiswa baru, udah siap belum untuk menyambut datangnya semester awal kuliah kamu? Di tahun 2022 ini, Kamu harus tahu kalau kamu bisa mengerjakan tugas dengan lebih efektif lewat tips atau lifehack yang mungkin belum kamu tahu.

 

Penasaran? dikutip dari campuspedia.id ! berikut ini adalah :

 

7 Lifehack Mengerjakan Tugas Kuliah Secara Cepat dan Efektif 

 

 

1. Cara Praktis Mengoreksi Kesalahan Penulisan di MsWord

Kalau sudah terburu waktu atau mepet deadline tugas kuliah, tidak jarang kita mengalami kesalahan penulisan atau typo. Saat dikejar waktu begini, kamu tidak perlu mengganti satu persatu kata yang salah, lho. Kamu bisa menggunakan lifehack mengerjakan tugas berikut ini nih. Kamu bisa gunakan fitur “Find & Replace” dengan menekan tombol “Ctrl + F”, lalu pada opsi selanjutnya klik “Replace”, atau bisa juga dengan klik opsi “Replace” pada tab “Home”. Pada kolom “Find”, ketik kata atau penulisan yang salah untuk ditemukan secara otomatis. Sementara itu pada kolom “Replace”, tuliskan kata yang telah dikoreksi. Nantinya, semua kata yang salah tadi akan otomatis terganti.

 


2. Memindahkan Teks ke Next Page Tanpa Harus Menekan Enter Berkali-kali

Ketika mengerjakan tugas, biasanya kita akan sedikit kesulitan memindahkan sub-bab ke halaman selanjutnya, karena terbiasa harus memencet tombol Enter berkali-kali. Tapi cara ini benar-benar gak efektif dilakukan. Gimana caranya? Kamu bisa meletakkan kursor di awal sub-bab lalu klik “Breaks” di dalam tab “Page Layout”. Setelah itu, pada tab “Page Breaks”, klik bagian “Pages”, maka teks di bagian selanjutnya akan secara otomatis berpindah ke halaman berikutnya. Pengaturan ini juga membuat tulisan semakin rapi karena teks yang berada di halaman tersebut tidak akan bergeser meskipun kamu menambah teks pada halaman sebelumnya.

 

3. Membuat Tabel di MsWord Secara Rapi

Bikin tabel terkadang memang merepotkan ya, belum lagi masalah tata letaknya. Buat kamu yang kesulitan dengan ini, ada lifehack mengerjakan tugas yang bisa bantu kamu. Tabel yang dibuat bisa lebih rapi dengan cara klik “Fit To Window” pada dokumen MsWord yang kamu tulis.

 

4. Takut Data Hilang? Simpan File Secara Otomatis di Google Drive

Hal-hal yang kita takutkan seperti kehilangan data atau dokumen tugas kuliah bisa saja terjadi. Untuk menghindarinya, kita perlu melakukan back up data secara online lewat Google Drive. Cara gampangnya, kamu bisa unduh aplikasi Google Drive dan lakukan instalasinya terlebih dahulu. Setelah itu, akan muncul folder tersendiri dengan nama Google Drive di PC. Kamu bisa mmenyimpan folder dan file penting di folder tersebut, maka sistem akan secara otomatis menyimpannya di Google Drive. Jangan lupa siapkan akses internet agar data dapat tersimpan otomatis ya.MsWord yang kamu tulis.

 

5. Cara Ampuh Memperbaiki Koneksi WiFi yang Mati

Seringkali tiba-tiba koneksinya mati dan muncul tanda seru pada bagian logo WiFi saat lagi sibuk-sibuknya mengerjakan tugas? Caranya, kamu bisa klik “Windows+R” lalu open “services.msc”. Kemudian cari DHCP Client dan DNS Client. Lalu, klik kanan dan restart satu per satu untuk memperbaiki koneksi WiFi yang mati.

 

6. Menyusun Daftar Pustaka Secara Otomatis

Kamu bisa banget bikin daftar pustaka secara mudah dan otomatis. Caranya, buka dokumen tugas kamu, lalu cari kutipan yang ingin dibuat daftar pustakanya. Setelah itu, arahkan kursos pada bagian akhir kalimat kutipan tersebut. Buka menu “References”, lalu klik “Insert Citation” dan “Add New Source”. Kemudian, nanti akan muncul isian untuk mengisi informasi sumber kutipan. Isi informasi sumbernya. Lalu, arahkan kursos ke halaman Daftar Pustaka di dokumen tugas kamu. Pada menu “References” klik “Bibliography” dan pilih “Insert Bibliography”. Informasi sumber kutipan yang sudah diisi akan otomatis muncul di halaman Daftar Pustaka tersebut.

 

7. Menggabungkan File Word dengan Mudah Tanpa Harus Disalin

Untuk kamu yang perlu menyalin atau menggabungkan tugas dari satu file ke file yang lainnya, ad acara gampang nih. Pertama, letakkan kursor di akhir dokumen pertama atau di posisi tertentu dimana dokumen berikutnya akan mulai digabungkan. Kalo kamu ingin menggabungkan dokumen berikutnya di halaman baru dari dokumen pertama, klik tombol “Page Break” yang ada di tab “Insert”. Untuk mulai menggabungkan dokumen berikutnya, pastikan kamu masih berada di tab Insert ya. Klik segitiga kecil di sebelah kanan yang ada di tombol “Object” lalu pilih “Text from File”. Dari kotak dialog “Insert File” yang muncul, pilih dokumen tugas yang akan digabungkan kemudian klik “Insert”.

 

 

Nah, itu dia 7 lifehack yang bisa kamu terapkan dalam mengerjakan tugas agar lebih cepat dan efektif. Tetap semangat kuliahnya ya, teman-teman. Jangan lupa untuk tetap meningkatkan produktivitas belajar meski di rumah aja. 

 

Bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK 2023 kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

 

1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya, klik disini.
2.Pengajar sangat berkompeten
3.Berpengalaman selama 13 tahun
4.Materi terupdate tes UTBK
5.Fasilitas sarana super lengkap

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama Bimbel Akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama Bimbel Akses,
Daftar Sekarang.

 

Konsultasi mengenai tes UTBK bersama education consultant Bimbel Akseschat disini.

 

Salam sukses !

 

Referensi :

- https://campuspedia.id/news/7-lifehack-mengerjakan-tugas-kuliah-secara-cepat-dan-efektif/

Subscribes Channel Youtube Kami