Jalur Seleksi PTN 2023 dengan Nilai Rapor yang Masih Dibuka

  • Rabu, 26 April 2023
  • Redaksi Bimbel Akses

bimbelptn.co.id - Hallo sahabat Akses, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) merupakan jalur masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui nilai rapor dan prestasi akademik maupun non-akademik. Bagi siswa yang belum berhasil lolos dalam SNBP, perlu persiapan diri untuk menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT). Sembari mempersiapkan diri, tak ada salahnya untuk mencoba seleksi masuk PTN menggunakan nilai rapor. Tercatat, beberapa PTN turut membuka seleksi melalui jalur rapor selain SNBP. Berikut beberapa PTN yang tengah dan akan membuka jalur pendaftaran menggunakan nilai rapor:


1. PBUTM UGM Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka seleksi Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) khusus untuk siswa yang memiliki kemampuan akademik tinggi, tetapi berasal dari keluarga kurang mampu. Seleksi ini mensyaratkan nilai rapor semua mata pelajaran semester 1 sampai 5 di atas KKM. Selain itu, siswa juga mendapat rekomendasi dari sekolah dan merupakan 25 persen siswa terbaik di kelasnya. Pendaftaran PBUTM UGM 2023 dibuka sejak 28 Maret hingga 12 April 2023 pukul 15.00 WIB. Informasi selengkapnya mengenai PBUTM UGM 2023 bisa disimak di sini.

 

 

2. PBUB UGM Selain PBUTM, UGM juga masih membuka seleksi melalui rapor bertajuk Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) 2023. Jalur seleksi ini dikhususkan untuk siswa pemenang lomba di bidang olahraga, seni, dan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), baik tingkat provinsi, nasional, atau internasional. Siswa juga harus melampirkan rapor semester 1 sampai 5 dengan nilai di atas KKM untuk semua mata pelajaran. Pendaftaran PBUB UGM 2023 dibuka sejak 28 Maret hingga 12 April 2023 pukul 15.00 WIB. Informasi selengkapnya mengenai PBUB UGM 2023 bisa disimak di sini.

3. Sarjana Jalur Prestasi Unpad Universitas Padjadjaran (Unpad) masih membuka seleksi masuk program Sarjana jalur prestasi di bidang sains, olahraga, dan seni. Sesuai namanya, jalur masuk ini akan mempertimbangkan nilai akademik dan prestasi atau penghargaan yang didapat siswa. Kriteria kelulusan sendiri berdasarkan nilai gabungan dari peringkat prestasi tertinggi di level nasional atau internasional dari semua portofolio serta nilai akademik sesuai kuota. Pendaftaran Seleksi Masuk Sarjana Jalur Prestasi Unpad dibuka sejak 29 Maret dan akan ditutup pada 1 Juni 2023 pukul 16.00 WIB. Ketentuan selengkapnya untuk pendaftaran di Universitas Padjadjaran bisa disimak melalui link ini.

4. SBUB Undip Universitas Diponegoro (Undip) turut membuka seleksi mahasiswa baru program Sarjana dan Diploma jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB) 2023. Jalur seleksi ini terbuka untuk lulusan tiga tahun terakhir, yakni 2021, 2022, dan 2023 dari SMA/MA/SMK/MAK. Peserta yang mengikuti seleksi masuk Undip ini wajib memiliki nilai rata-rata rapor per semester sebesar 70 dari skala 100. Pendaftaran dilakukan secara online mulai 16 Maret dan akan ditutup pada 17 Maret 2023. Informasi selengkapnya mengenai seleksi prestasi Undip bisa disimak melalui link ini.

5. S1 Jalur PSSD Unggulan Unnes Universitas Negeri Semarang (Unnes) memiliki jalur seleksi khusus bagi yang berminat menempuh program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Jalur PGSD Unnes terbuka bagi siswa lulusan 2023. Seleksi berdasarkan nilai rapor semester 1-5 untuk mata pelajaran bahasa Inggris, IPA, IPS, matematika, PKn, dan bahasa Indonesia dengan nilai minimal 8. Selain itu, siswa juga akan mengikuti ujian tulis bahasa Inggris dan tes potensi akademik serta wawancara. Pendaftaran S1 PGSD Unnes dilaksanakan secara online mulai 1 Maret dan akan ditutup pada 9 Juni 2023. Informasi selengkapnya mengenai seleksi S1 Jakur PGSD Unggulan Unnes bisa disimak di sini.

 

 

Bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK 2023 kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

 

1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya, klik disini.

2.Pengajar sangat berkompeten

3.Berpengalaman selama 14 tahun

4.Materi terupdate tes UTBK

5.Fasilitas sarana super lengkap

 

Klik Disini

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama Bimbel Akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama Bimbel Akses, Konsultasi mengenai tes UTBK bersama education consultant Bimbel Akseschat disini.

 

Salam sukses !

 

 

 

 

Refrensi :
- https://www.kompas.com/tren/read/2023/04/08/120000465/5-jalur-seleksi-ptn-2023-dengan-nilai-rapor-yang-masih-dibuka?page=all
 

Subscribes Channel Youtube Kami