Inilah! Keunggulan KIP Kuliah, Simak Daftarnya

  • Selasa, 19 Juli 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

Berikut Ini Adalah Keunggulan KIP Kuliah

bimbelptn.co.id - Untuk memberikan akses pendidikan bagi semua kalangan, pemerintah akan melanjutkan program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) pada tahun 2022. KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA/sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

 

Meski belum ada jadwal pasti untuk pendaftaran KIP Kuliah 2022 namun program ini tentu sangat membantu para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

 

 

Jika melihat skema pendaftaran KIP Kuliah tahun 2021, proses registrasi program KIP Kuliah Merdeka tahun 2022 sudah dimulai pekan lalu pada akhir Januari atau awal Februari mendatang menyesuaikan jadwal SNMPTN 2022 dikutip dari laman kompas.com.

 

Syarat KIP Kuliah Berikut persyaratan bagi siswa yang ingin mendaftar KIP Kuliah.

 

1. Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya. Selain itu siswa memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid. 
2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah. 
3. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP. 
4. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera.
5. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS) pada prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada prodi dengan Akreditasi C. 

 

Tata cara pendaftaran KIP Kuliah Sedangkan tata cara saat melakukan pendaftaran KIP Kuliah adalah sebagai berikut: 

 

Program Bimbel Akses

Join Now

 

1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif.
3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah. 
4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan. 
5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri).
6. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.
7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi. Dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah

 

Keunggulan KIP Kuliah   Calon mahasiswa, perlu diketahui bahwa program KIP Kuliah ini memiliki beberapa keunggulan lho, antara lain. Jumlahnya lebih banyak dari Bidikmisi yakni lebih dari 400.000 orang untuk tahun 2020. (bidikmisi 2019 130.000 beasiswa). 


Lebih banyak memberi akses kepada pendidikan vokasi. 


Sistem terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi.


KIP Kuliah terbagi menjadi 2 kelompok yaitu KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi. 


KIP Kuliah Afirmasi, antara lain meliputi Bantuan Biaya Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T.

 

Demikian informasi mengenai syarat, tata cara pendaftaran dan keunggulan KIP Kuliah. Kamu bisa terus memantau pengumuman resmi dari Kemendikbud Ristek terkait pendaftaran KIP Kuliah 2022. 

 

 

Bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK 2023 kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

 

1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya, klik disini.
2.Pengajar sangat berkompeten
3.Berpengalaman selama 13 tahun
4.Materi terupdate tes UTBK
5.Fasilitas sarana super lengkap

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama Bimbel Akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama Bimbel Akses,
Daftar Sekarang.

 

Konsultasi mengenai tes UTBK bersama education consultant Bimbel Akseschat disini.

 

Salam sukses !

 

Referensi :

https://www.kompas.com/edu/read/2022/01/29/113407471/calon-mahasiswa-simak-syarat-cara-daftar-dan-keunggulan-kip-kuliah?page=all

Subscribes Channel Youtube Kami