Inilah, Kesibukan Mahasiswa Berdasarkan Semester

  • Rabu, 20 Juli 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

Apa Saja Kesibukan Mahasiswa Berdasarkan Semester ? Yuk Simak Informasinya.

bimbelptn.co.id - Setiap mahasiswa tentunya berbeda-beda jenis kesibukannya, tapi bila bicara tentang kesibukan yang secara umum telah dipatok atau ditentukan oleh pihak universitas, maupun fakultas, hingga jurusan. dikutip dari laman seorang mahasiswa quora.com universitas Brawijaya.

 

Semester 1 : Ospek, mahasiswa diajak untuk mengenali kampusnya, ospek biasanya terbagi dari tingkat universitas, fakultas, hingga jurusannya.

 

 

Semester 2 : Mahasiswa mulai berkenalan dengan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), atau yang di tingkat SMA biasa dikenal dengan organisasi. Pada semester ini pula, biasanya UKM mengadakan diklat, atau peresmian anggota.

 

Semester 3 : Mahasiswa mulai sibuk dengan kepanitiaan kampus, dan kebiasaan kura-kura (kuliah rapat) mulai nampak pada sebagian mahasiswa.

 

Semester 4 : Tak terasa sudah hampir dua tahun berlajar di dunia kampus, di pertengahan masa berkuliah ini mahasiswa semakin aktif berorganisasi, dan mulai mendaftar sebagai bagian penting dari kampusnya, contoh : menjadi ketua pelaksana ospek atau kepanitiaan lain, menjadi ketua UKM, hingga semakin aktif mengikuti kegiatan UKM seperti pendelegasian lomba, debat, sarasehan, dsb..

 

Semester 5 : Penelitian Lapangan, pada semester ini (bisa juga sudah dilakukan pada semester-semester sebelumnya) mahasiswa melakukan penelitian lapangan yang dilakukan bersama satu jurusan ke suatu daerah yang memiliki kecenderungan sangat terkait dengan disiplin ilmu yang digeluti, sehingga sangat banyak hal yang dapat diteliti dari berbagai faktor.

 

Program Bimbel Akses

Join Now

 

 

Semester 6 : Tak terasa sudah semakin jauh jalan yang dilalui di dunia kampus, mahasiswa biasanya sudah mulai demisioner (menyelesaikan) dari kegiatan kemahasiswaan, mulai fokus di bidang akademik, dan sudah terbayang akan hadirnya skripsi. Akan tetapi, sebelum itu pada semester ini mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti magang, KKN (Kuliah Kerja Nyata), PKL (Praktik Kerja Lapangan; bagi sebagian jurusan khususnya jurusan pendidikan).

Kegiatan tersebut membawa mahasiswa untuk terjun langsung ke lapangan untuk merasakan dunia kerja yang berkaitan dengan jurusannya (magang), berbaur dengan masyarakat dan turut membantu pembangunan desa (KKN), dan praktik mengajar sebelum mahasiswa benar-benar menjadi seorang guru (PKL). Sebagian mahasiswa bisa melaksanakan kegiatan tersebut pada semester 6–7 pada umumnya.

 

Semester 7 : Mengerjakan tugas akhir, tugas akhir berbeda dengan skripsi, akan tetapi memiliki hubungan. Tugas akhir adalah suatu rancangan tugas dan penelitian yang dihasilkan dari pelajaran yang telah diterima pada semester-semester sebelumnya.

Pada saat mendapatkan tugas akhir, biasanya mahasiswa dibimbing untuk menulis suatu karya ilmiah dengan baik dan benar, mendapatkan tips penelitian yang lebih intensif, mahasiswa diarahkan untuk mendapat gambaran tentang skripsi. Pada sebagian mahasiswa, tugas akhir juga kerapkali dilanjutkan menjadi skripsi.

Pada semester ini, sebagian mahasiswa juga sudah menulis skripsi (khususnya bagi yang memiliki target lulus 3,5 tahun). mahasiswa juga sudah mulai akrab dalam mendatangi atau melaksanakan sempro (seminar proposal), semhas (seminar hasil), komprehensif (ujian skripsi), dan yudisium (tahap penyelesaian urusan jurusan dan fakultas, sebelum wisuda).

 

Semester 8 : Semester 8 menjadi semester final bagi banyak mahasiswa yang sudah memenuhi syarat poin KRS tertentu, sehingga sudah tidak ada mata kuliah selain skripsi. Pada semester ini mahasiswa tidak memiliki jadwal belajar di kampus, melainkan secara mandiri melakukan bimbingan skripsi dengan dosen pembimbing, hingga melaksanakan sempro, semhas, kompre, yudisium, hingga akhirnya Selesai

 

 

Semoga bisa memberikan gambaran kehidupan berkuliah yaa Sobat Akses!, dan bagi para mahasiswa baru yang telah diterima masuk perguruan tinggi manapun, SELAMATT!, semoga bisa menjalankan segala kesibukan di tiap semester dengan sebaik-baiknya :)

 

Bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK 2023 kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

 

1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya, klik disini.
2.Pengajar sangat berkompeten
3.Berpengalaman selama 13 tahun
4.Materi terupdate tes UTBK
5.Fasilitas sarana super lengkap

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama Bimbel Akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama Bimbel Akses,
Daftar Sekarang.

 

Konsultasi mengenai tes UTBK bersama education consultant Bimbel Akseschat disini.

 

Salam sukses !

 

Referensi :

https://id.quora.com/Apa-saja-kesibukan-mahasiswa-dari-semester-1-hingga-semester-8

Subscribes Channel Youtube Kami