Ini yang Membuat PTN Lebih Menarik Dibanding PTS

  • Kamis, 30 Maret 2023
  • Redaksi Bimbel Akses

bimbelptn.co.id - Hallo sahabat Akses,Memilih perguruan tinggi bukan hal yang mudah. Segala aspek perlu dipertimbangkan supaya kuliah bisa berjalan dengan lancar dan nyaman. Tak dipungkiri jika perguruan tinggi negeri ( PTN ) lebih bergengsi. Namun perguruan tinggi swasta pun tidak kalah bersaing dengan PTN.Lalu apa yang membuat PTN lebih menarik dibanding PTS ? Berdasarkan hasil penelusuran tim litbang MPI, Berikut daftarnya.

1. Seleksi Masuk Untuk masuk ke PTN, tentu harus bersaing dengan ribuan orang. Terdapat beberapa cara untuk masuk ke PTN. Mulai dari seleksi nasional berdasarkan prestasi, seleksi nasional berdasarkan tes serta seleksi mandiri PTN. Sementara PTS mempunyai kriteria penilaian guna menyaring mahasiswanya. Biasanya pendaftaran PTS dibagi menjadi beberapa gelombang setiap tahun akademik. 

2. Biaya Biaya kuliah di perguruan tinggi negeri terbilang lebih murah dibanding dengan PTS. Mahasiswa yang diterima di PTN juga dapat mengajukan keringanan biaya berdasarkan ekonomi penanggung jawab mahasiswa. Sedangkan biaya kuliah di PTS tergantung pada kebijakan masing-masing PTS. 

 

 

3. Akreditas Setiap universitas mempunyai akreditasi yang berbeda-beda. Akreditasi PTN dilakukan oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Melalui akreditasi, mahasiswa dapat mengetahui serta memilih lembaga yang akan dituju. Selain itu, orang tua juga mengetahui serta yakin dan nyaman dengan legalitas yang sudah terakreditasi. Apabila suatu kampus sudah mendapat akreditas A, dapat dipastikan kampus tersebut mempunyai kinerja yang sangat baik. Di dunia kerja, tak jarang penerimaan pegawainya disyaratkan dari kampus berakreditasi minimal B atau lulusan PTN. 

4. Alumni Hampir semua perguruan tinggi di Indonesia mempunyai ikatan alumni. Umumnya ikatan alumni di PTN lebih besar serta lebih luas jaringannya. Hal tersebut memberi banyak manfaat. Ikatan alumni dapat membantu apabila rajin berkomunikasi dan berinteraksi. Selain itu, hingga saat ini ada kepercayaan bahwa alumni PTN mempunyai prospek kerja yang lebih cerah. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya terjadi, karena alumni PTS juga memiliki kesempatan berkarier yang luas. Semuanya tergantung pada individu masing-masing. 

5. Membanggakan Orang Tua Dapat melanjutkan ke PTN bisa menjadi kebanggaan untuk diri sendiri dan orang tua. Dapat masuk PTN merupakan sesuatu yang patut dibanggakan, terlebih apabila dapat masuk PTN favorit. Hal tersebut menjadikan salah satu alasan kenapa PTN menjadi idola.

 

 

Bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK 2023 kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

 

1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya, klik disini.

2.Pengajar sangat berkompeten

3.Berpengalaman selama 14 tahun

4.Materi terupdate tes UTBK

5.Fasilitas sarana super lengkap

 

Klik Disini

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama Bimbel Akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama Bimbel Akses,

 

Konsultasi mengenai tes UTBK bersama education consultant Bimbel Akseschat disini.

Salam sukses !

 

 

 

Refrensi :

https://edukasi.sindonews.com/read/1059209/211/apa-yang-membuat-ptn-lebih-menarik-dibanding-pts-nomor-2-jadi-pertimbangan-utama-1680080624

Subscribes Channel Youtube Kami