Calon Maba Wajib Tahu! 6 Jenis Tugas Kuliah Mahasiswa

  • Senin, 13 Juni 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

Kamu Mahasiswa Baru ? Simak Informasi Ini Yuk

bimbelptn.co.id - Mahasiswa akan dihadapkan dengan berbagai jenis tugas selama kuliah. Tugas-tugas tersebut umumnya terdiri dari tugas individu dan kelompok.
Jenis tugas yang diberikan oleh dosen tentu cukup berbeda dengan yang diberikan oleh guru kepada siswa saat duduk di sekolah menengah. Bahkan, sejumlah tugas kuliah terhitung lebih kompleks karena membutuhkan banyak waktu untuk mengerjakannya, misalnya tugas proyek.

 

Mahasiswa akan diberikan tugas di semua mata kuliah mulai semester 1. Selain itu, mereka juga akan banyak melakukan pemaparan materi atau yang kerap disebut dengan presentasi. Setidaknya ada enam jenis tugas kuliah yang harus dikerjakan mahasiswa selama menempuh studi. yuk simak penjelasan berikut ini, dirangkum dari www.detik.com.

 

 

Jenis-jenis Tugas Kuliah Mahasiswa


1. Makalah


Tugas kuliah yang akan banyak dijumpai mahasiswa adalah membuat makalah. Dilansir dari laman SPADA Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), makalah merupakan uraian tertulis yang dikemukakan untuk mendapatkan pembahasan yang lebih lanjut.

Makalah sendiri terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari makalah ilmiah yang membahas tentang permasalahan dari hasil studi ilmiah, makalah kajian yang berisi pemecahan masalah yang sifatnya kontroversial, hingga makalah analisis untuk berbagai permasalahan yang bersifat objektif dan empiris.

 

2. Presentasi


Selama kuliah, presentasi menjadi hal yang akan sering dilakukan oleh mahasiswa. Melansir lldikti13.kemdikbud.go.id, hal yang penting diperhatikan dalam presentasi adalah dapat menyampaikan pesan yang solid, yakni sesuai dengan kebutuhan audiens. Pastikan ada pesan utama yang ingin disampaikan. Umumnya presentasi dapat disajikan dengan media seperti power point (PPT).

 

3. Laporan Praktikum


Beberapa jurusan kuliah tertentu mengharuskan mahasiswa untuk membuat laporan praktikum. Mahasiswa yang sering mengerjakan tugas ini umumnya berasal dari fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA). Spesifiknya lagi yang mengambil jurusan biologi maupun kimia karena banyak berurusan dengan laboratorium.

 

4. Review Jurnal


Materi kuliah dapat diambil dari berbagai sumber, tidak hanya buku saja. Salah satunya adalah jurnal. Sudah menjadi tugas akademisi untuk membaca berbagai jurnal ilmiah untuk memperdalam materi atau pengetahuan.
Nah, umumnya dosen akan meminta mahasiswa untuk me-review jurnal ilmiah Jika terdapat Kesalahan. Bentuk review umumnya diketik dalam format MS Word.

 

5. Proyek


Tugas yang biasanya dikerjakan mahasiswa saat kuliah lainnya adalah tugas proyek. Tugas ini umumnya dikerjakan secara kelompok Maupun Individu.
Umumnya mahasiswa yang mendapatkan tugas proyek adalah mereka yang berasal dari jurusan teknik atau keahlian khusus lainnya. Selain itu, mahasiswa ilmu komunikasi khususnya bidang broadcasting juga kerap mendapatkan tugas proyek.

 

6. Skripsi


Skripsi adalah tugas kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa sebagai syarat kelulusan program sarjana. Untuk mahasiswa diploma dinamakan tugas akhir (TA).
Tugas kuliah ini memiliki bobot satuan kredit semester (SKS) yang tinggi sebesar 4-6 SKS. Skripsi dapat diambil saat memasuki semester ketujuh dan delapan

 

Nah, jadi pada Umumnya Calon Maba akan Merasakan 6 Tugas ini jika sudah Menjadi Mahasiswa di fakultas yang kalian tempuh.


Bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK 2023 kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

 

 
1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya, klik disini.
2.Pengajar sangat berkompeten
3.Berpengalaman selama 13 tahun
4.Materi terupdate tes UTBK
5.Fasilitas sarana super lengkap

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama Bimbel Akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama Bimbel Akses,
Daftar Sekarang.

 

Referensi :

- https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5933298/6-jenis-tugas-kuliah-mahasiswa-calon-maba-perlu-tahu-nih

Subscribes Channel Youtube Kami