Calon MABA! Inilah 5 Jurusan Teknik yang Cocok untuk Perempuan

  • Rabu, 6 Juli 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

Apa Saja Jurusan Teknik yang Cocok untuk Perempuan ? Simak Informasi Ini

bimbelptn.co.id -Jurusan teknik telah menjadi favorit banyak orang untuk melanjutkan studi. Bagaimana tidak, jurusan teknik dalam hal ini merupakan salah satu jurusan yang prospek kerjanya cukup menjanjikan. Meskipun begitu, banyak yang sering beranggapan bahwa jurusan teknik hanya cocok untuk laki-laki. Kenyataannya, kamu perlu mengetahui bahwa ada beberapa jurusan teknik yang cocok untuk perempuan karena sejumlah alasan. 

 

Daftar Jurusan Teknik yang Cocok untuk Perempuan

 

Lalu, apa saja jurusan teknik yang cocok untuk perempuan tersebut? Berikut ini adalah beberapa di antaranya dikutip dari quipper.com, yuk simak artikelnya.

 

 

1. Teknik Industri

 

Bagi kamu perempuan yang ingin menekuni perkuliahan di bidang teknik, salah satu pilihan yang cocok untukmu adalah Jurusan Teknik Industri. Kepopuleran jurusan ini berkaitan dengan banyaknya jenis dan juga ragam industri yang saat ini sedang gencar berkembang. 

Berbicara mengenai prospek kerjanya, teknik industri menawarkan range yang cukup luas, oleh karena itu sangat memungkinkan bagi perempuan menekuni bidang ini. Cakupan teknik industri mulai dari bidang pabrik atau manufaktur, bidang pengolahan data, bidang sistem informasi, bidang keuangan, pemasaran, manajemen SDM, konsultan SDM, dan lain sebagainya. 

 

2. Teknik Kimia

 

Jurusan teknik yang cocok untuk perempuan berikutnya adalah Jurusan Teknik Kimia. Prospek kerja yang memungkinkan lulusannya untuk menekuni profesi di bidang industri pangan, hingga bidang kecantikan, menjadi alasan utama mengapa jurusan ini juga cocok untuk perempuan.

Selain itu, Jurusan Teknik Kimia banyak juga diminati karena membuka peluang untuk berkarier di bidang industri perminyakan dan gas alam, bidang barang konsumsi, dan lain sebagainya. Bidang-bidang tersebut kerap menjanjikan penghasilan yang lumayan lho!.

 

3. Teknologi Pangan

 

Teknologi Pangan adalah rekomendasi jurusan teknik yang cocok untuk perempuan, karena akan banyak mempelajari tentang makanan, terutama berkaitan dengan gizi dan makanan-makanan sehat. Jadi, apabila kamu hobi memasak, senang mempelajari tentang gizi dan makanan, penasaran dengan teknologi pemrosesan, penyimpanan, pengemasan, hingga pengawetan makanan, maka Jurusan Teknologi Pangan ini bisa menjadi pilihan. 

Soal prospek kerjanya, kamu tidak perlu khawatir karena sebagai lulusan Teknologi Pangan, ada banyak profesi yang dapat ditekuni, mulai dari teknisi ilmu pangan, peneliti teknologi pangan, staf Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), manajer kontrol kualitas, ahli kontrol kualitas pangan, hingga ahli teknologi rasa. Cukup luas, bukan?.

 

4. Teknik Informatika

 

Kata siapa jurusan yang berhubungan dengan pemrograman dan software development hanya cocok untuk laki-laki saja? Faktanya, kesempatan untuk para perempuan menekuni Jurusan Teknik Informatika saat ini sudah sangat terbuka lebar, khususnya bagi mereka yang memiliki minat dan bakat yang kuat di bidang ini. 

Jurusan Teknik Informatika menjadi salah satu jurusan teknik yang cocok untuk perempuan, karena perkembangan teknologi kini sudah dapat diakses oleh siapa saja tanpa memedulikan jenis kelamin. Selain dapat mempersiapkan lulusannya dalam memahami perkembangan teknologi yang terus mengalami tren kenaikan, jurusan ini juga menawarkan lapangan pekerjaan yang cukup luas. Profesi bidang teknologi juga masih menjanjikan di masa depan.

 

5. Teknik Biomedis

Jurusan teknik yang cocok untuk perempuan terakhir ini, memang tidak banyak terdapat di Indonesia. Namun, jika kamu adalah seorang perempuan yang memiliki ketertarikan di bidang kesehatan dan juga sains, maka Jurusan Teknik Biomedis ini akan sangat disayangkan jika tidak ditekuni. Sebagai gambaran, dengan menekuni bidang ini, kamu akan mampu berkontribusi dalam mengembangkan metode-metode baru di bidang pengobatan, yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Berkaitan dengan hal ini pula, Teknik Biomedis kemudian menjadi salah satu jurusan yang tidak akan pernah hilang termakan zaman. 

 

Tidak seperti kebutuhan dari jurusan lainnya yang kadang mengalami tren penurunan ataupun kenaikan seiring dengan perkembangan zaman, lulusan Teknik Biomedis akan selalu dibutuhkan, karena, selama manusia ada, profesi di bidang kesehatan akan terus dibutuhkan.

 

Nah, itulah dia beberapa jurusan teknik yang cocok untuk perempuan. Kira-kira, di antara kelima jurusan tersebut, mana nih yang paling kamu banget? Apa pun jurusan yang ingin ditekuni, hal terpenting yang harus kamu perhatikan sebelum menentukan pilihan jurusan yakni menyesuaikannya dengan minat dan bakat pribadi serta perencanaan karier masa depan. 

 

 

Bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK 2023 kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

 

1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya, klik disini.
2.Pengajar sangat berkompeten
3.Berpengalaman selama 13 tahun
4.Materi terupdate tes UTBK
5.Fasilitas sarana super lengkap

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama Bimbel Akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama Bimbel Akses,
Daftar Sekarang.

 

Konsultasi mengenai tes UTBK bersama education consultant Bimbel Akseschat disini.

 

Salam sukses !

 

Referensi :

https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-info/p-jurusan-teknik-yang-cocok-untuk-perempuan/

Subscribes Channel Youtube Kami