Biaya Kuliah Mahal! Ini 5 Cara Dapatkan Dana Bantuan Kuliah

  • Kamis, 7 Juli 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

Bagaimana Cara Mendapat Dana Bantuan Kuliah ? Simak Informasi Ini

bimbelptn.co.id - Pendidikan dapat menjadi cara untuk meningkatkan taraf kehidupan. Namun, biaya kuliah yang semakin mahal kerap memberi tantangan bagi orangtua dalam mendanai pendidikan anak di perguruan tinggi. Kabar baiknya, semakin banyak penawaran beasiswa untuk calon mahasiswa yang membutuhkan bantuan dana pendidikan dalam waktu dekat. Sementara, bagi orangtua tersedia berbagai pilihan untuk menyiapkan dan mendapatkan dana kuliah bagi anak.

 

Melansir lembaga keuangan pendidikan Pintek.id serta dikutip dari kompas.com berikut ini adalah :

 

Alternatif Mendapatkan Biaya Kuliah

 

 

1. KIP Kuliah

 

Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) Merdeka untuk tahun 2022 resmi dibuka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Pendaftaran KIP Kuliah diawali dengan Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah pada 2 Februari 2022 dan ditutup pada 31 Oktober 2022. Selanjutnya, pendaftaran dilanjutkan dengan jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dipilih oleh calon mahasiswa. Jalur seleksi yang menerima KIP Kuliah mulai dari SNMPN, SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri PTN hingga Seleksi Mandiri PTS.

Berikut rincian bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah 2021:

⦁    Bantuan biaya pendidikan prodi akreditasi A: maksimal Rp 12 juta per semester

⦁    Bantuan biaya pendidikan prodi akreditasi B: maksimal Rp 4 juta per semester 

⦁    Bantuan biaya pendidikan prodi akreditasi c: maksimal Rp 2,4 juta per semester

Sementara itu, untuk bantuan biaya hidup, bila sebelumnya biaya hidup disamakan untuk semua daerah Rp 700.000 per bulan, kini dibagi atas lima besaran, yaitu:

⦁    Biaya hidup kluster 1: Rp 800.000 per bulan 
⦁    Biaya hidup kluster 2: Rp 950.000 per bulan 
⦁    Biaya hidup kluster 3: Rp 1,1 juta per bulan
⦁    Biaya hidup kluster 4: Rp 1,25 juta per bulan 
⦁    Biaya hidup kluster 5: Rp 1,4 juta per bulan

Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps.

 

2. Beasiswa dari universitas

 

Jalur beasiswa dapat jadi sumber pendanaan yang diandalkan. Calon mahasiswa dan orangtua dapat mencari informasi tentang program beasiswa dan meminta anak bersiap mengikuti rangkaian seleksi. Termasuk mengikuti pameran pendidikan.

Penyelenggara beasiswa kini sangat beragam. Mulai dari perguruan tinggi, lembaga pemerintahan (termasuk pemerintah kota/kabupaten setempat), perusahaan swasta, yayasan pendidikan, hingga beasiswa dari pihak universitas. Semisal biaya kuliah UGM, UI, dan Unpad dapat menerapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) berbeda tergantung penghasilan orangtua.

Sementara pemberian bantuan dana pendidikan yang diberikan universitas swasta kerap mengacu pada hasil tes masuk calon mahasiswa tersebut. Misalnya, untuk calon mahasiswa yang lolos dengan peringkat A, dapat mengajukan bantuan dana pendidikan penuh, peringkat B mendapat bantuan 80 persen dan seterusnya.

 

3. Tabungan dan asuransi

 

Pendidikan Mengambil tabungan pendidikan bisa menjadi cara orangtua menyiapkan dana pendidikan. Produk perbankan ini relatif terjamin karena menyesuaikan aturan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Orangtua dapat merencanakan tabungan pendidikan sesuai kebutuhan dengan durasi 2 sampai 10 tahun.

Sementara itu, asuransi pendidikan cenderung bersifat high risk, high return lantaran naik turun nilainya dipengaruhi nilai pasar saham. Namun, orangtua bisa mencairkan dana dalam jangka waktu tertentu dengan nominal lumayan besar.

 

4. Investasi Investasi

 

dalam bentuk emas dan properti juga bisa menjadi opsi orangtua menyiapkan dana pendidikan. Apalagi, kedua instrumen investasi tersebut dikenal ideal bagi mereka yang ingin berinvestasi jangka panjang.

Nilai emas dan properti cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

Itulah mengapa banyak orangtua yang mengandalkan kedua instrumen ini sebagai investasi dana pendidikan anak. Orangtua dapat menjualnya saat butuh dana pendidikan untuk biaya kuliah.

 

5. Mengajukan pinjaman dana

 

Pendidikan Mengajukan pinjaman dana pendidikan dapat menjadi pilihan, Lakukan peminjaman dana melalui bank atau melalui lembaga peminjaman dana pendidikan resmi yang terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Pendanaan untuk biaya kuliah biasanya bisa untuk uang pangkal, uang semester, pembayaran daftar ulang, UKT, hingga pembiayaan kursus dan bimbingan belajar.

Bahkan, pendanaan khusus pendidikan dapat membiayai kegiatan lain yang dibayarkan ke kampus. Sebut saja, pembelian buku, laptop, skripsi, dan wisuda.

 


Itulah 5 Cara Dapatkan Dana Bantuan Kuliah mahal yang dapat kamu Persiapkan ketika kamu sudah menjadi mahasiswa

 

Bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK 2023 kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

 

1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya, klik disini.
2.Pengajar sangat berkompeten
3.Berpengalaman selama 13 tahun
4.Materi terupdate tes UTBK
5.Fasilitas sarana super lengkap

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama Bimbel Akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama Bimbel Akses,
Daftar Sekarang.

 

Konsultasi mengenai tes UTBK bersama education consultant Bimbel Akseschat disini.

 

Salam sukses !

 

Referensi :

- https://edukasi.kompas.com/read/2022/02/08/091304271/biaya-kuliah-mahal-ini-5-cara-dapatkan-dana-bantuan-kuliah?page=2

 

Subscribes Channel Youtube Kami