Berapa Biaya Kuliah Jalur Mandiri UNS, UNDIP, UNPAD, UI, dan UB ?

  • Sabtu, 23 Juli 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

Berikut Ini Adalah Biaya Kuliah Jalur Mandiri UNS, UNDIP, UNPAD, UI, dan UB 

bimbelptn.co.id - Hallo sobat akses bagi kalian yang ingin kuliah di UNS, UNDIP, UNPAD, UI, dan UB dan lewat jalur mandiri sudah pada tahu belum ya berapa biaya kuliahnya ? pasti pada penasaran kan berapa biaya kuliah nya, simak informasinya yuk dikutip dari kompas.com ddi artikelnya yang berjudul " Biaya Kuliah Jalur Mandiri UNS, Undip, Unpad, UI, dan UB" yang di publish 21/07/2022, 11:35 WIB berikut ini adalah : 

 

Biaya Kuliah Jalur Mandiri UNS, UNDIP, UNPAD, UI, dan UB

 

 

1. Biaya kuliah UNS

jalur mandiri Mengacu pada Surat Keputusan Rektor Universitas Sebelas Maret Nomor 651/UN27/HK/1011 Tentang Penetapan Besaran UKT dan SPI Program Sarjana jalur Seleksi Mandiri UNS, biaya kuliah di UNS jalur mandiri terdiri dari dua macam, yaitu Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).  Besaran UKT mahasiswa jalur mandiri sama dengan UKT mahasiswa yang lolos seleksi lainnya, seperti SNMPTN dan SBMPTN.  Besaran UKT dibedakan ke dalam 8 golongan dengan nominal terendah adalah Rp 475.500 yang dibayarkan setiap 6 bulan sekali.

Sementara SPI hanya dibayarkan sekali selama masa studi mulai dari Rp 5 juta. Adapun nominal UKT dan SPI akan disesuaikan ke dalam beberapa golongan sesuai dengan kondisi perekonomian mahasiswa. Rincian biaya kuliah di UNS jalur mandiri di tiap program studi (prodi) dapat diakses di sini.

 

2. Biaya Kuliah Undip


Universitas Diponegoro (Undip) juga membuka seleksi jalur mandiri atau lebih dikenal dengan Ujian Mandiri (UM) Undip. Terdapat tiga jalur mandiri yang dibuka pada UM Undip, yakni Jalur Reguler, Jalur Kerja Sama, dan Jalur Kartu Indonesia Pintar dan/atau Golongan Tidak mampu. Masing-masing dari ketiga jalur tersebut memiliki ketentuan biaya kuliah yang berbeda.

Pada dasarnya, mahasiswa Undip yang lolos Jalur UM akan membayar dua komponen biaya pendidikan, yaitu Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). UKT akan dibayarkan setiap 6 bulan sekali dengan besaran minimal Rp 500.000. Sementara SPT hanya dibayarkan sekali selama masa studi dengan biaya terrendah yaitu Rp 7,5 juta. Informasi mengenai besaran UKT dan SPI tersebut dapat dilihat di sini.

 

Program Bimbel Akses

Join Now

 

3. Biaya kuliah Unpad

 

Universitas Padjajaran (Unpad) membuka seleksi jalur mandiri yang disebut Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP). Sama seperti universitas lainnya, biaya kuliah Unpad jalur mandiri juga terdiri dari UKT dan dana pengembangan. UKT yang dibayarkan per semester atau selama enam bulan sekali dengan nominal paling rendah Rp 5 juta.

Sementara dana pengembangan hanya dibayarkan sekali selama masa kuliah. Dana pengembangan ini bervariasi mulai dari RP 15 juta - Rp 250 juta. Adapun besarannya dibedakan ke dalam beberapa golongan yang masing-masing disesuaikan dengan kemampuan ekonomi mahasiswa. Informasi selengkapnya terkait biaya kuliah Unpad jalur mandiri dapat diakses di sini.

 

4. Biaya Kuliah UI


Berbeda dengan PTN lainnya, Universitas Indonesia (UI) tidak menetapkan besaran biaya kuliah berdasarkan jalur masuk. Sebaliknya, besaran biaya kuliah di UI akan dibedakan sesuai dengan program pendidikan yang diambil. Artinya, baik mahasiswa yang mengikuti seleksi jalur mandiri atau disebut SIMAK UI akan mendapatkan biaya kuliah yang sama seperti mahasiswa yang lolos SNMPTN atau SBMPTN. Dengan catatan, program pendidikan yang di ambil adalah sama. Informasi mengenai biaya kuliah di UI dapat diakses pada laman ini. 

 

5. Biaya kuliah UB 


Universitas Brawijaya (UB) merupakan PTN yang berlokasi di Malang, Jawa Timur. Universitas ini juga membuka seleksi jalur mandiri. Dilansir dari laman ub.ac.id (21/7/2022), biaya kuliah jalur mandiri UB sudah ditetapkan dalam Peraturan Rektor UB Nomor 42/2022. Mengacu pada peraturan tersebut, biaya kuliah UB jalur mandiri terdiri dari dua komponen, yaitu Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI). Besaran terendah UKT tersebut adalah Rp 3,6 juta per semester. Sementara nominal IPI berkisar mulai dari Rp 10 juta - Rp 150 juta. Masing-masing biaya itu dibedakan ke dalam tiga golongan. Adapun rincian biaya kuliah UB jalur mandiri dapat dilihat di sini. 

 

 

Nah itu dia informasi mengenai Biaya Kuliah Jalur Mandiri UNS, UNDIP, UNPAD, UI, dan UB yang dikutip dari kompas.com

 

Bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK 2023 kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

 

1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya, klik disini.
2.Pengajar sangat berkompeten
3.Berpengalaman selama 13 tahun
4.Materi terupdate tes UTBK
5.Fasilitas sarana super lengkap

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama Bimbel Akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama Bimbel Akses,
Daftar Sekarang.

 

Konsultasi mengenai tes UTBK bersama education consultant Bimbel Akseschat disini.

 

Salam sukses !

 

Referensi :
- https://www.kompas.com/tren/read/2022/07/21/113507365/biaya-kuliah-jalur-mandiri-uns-undip-unpad-ui-dan-ub?page=all

Subscribes Channel Youtube Kami