7 PTN yang Membuka Jalur Mandiri dan Nilai Rapor Selain SNBP

  • Kamis, 18 Januari 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 sudah dimulai dengan tahapan registrasi akun. Ada jalur lain jika ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yakni melalui jalur mandiri nilai rapor. Sejumlah kampus juga membuka jalur mandiri nilai rapor.


Dirangkum dari masing-masing laman resmi kampus PTN, Rabu 10 Januari 2024, sejumlah kampus PTN membuka jalur mandiri nilai rapor.




PTN Buka Jalur Mandiri Nilai Rapor


1. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka seleksi Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) khusus untuk siswa yang memiliki kemampuan akademik tinggi, tetapi berasal dari keluarga kurang mampu.


Seleksi ini mensyaratkan nilai rapor semua mata pelajaran semester 1 sampai 5 di atas KKM. Selain itu, siswa juga mendapat rekomendasi dari sekolah dan merupakan 25 persen siswa terbaik di kelasnya.


Selain PBUTM, UGM juga masih membuka seleksi melalui rapor bertajuk Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB).


Jalur seleksi ini dikhususkan untuk siswa pemenang lomba di bidang olahraga, seni, dan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), baik tingkat provinsi, nasional, atau internasional. Siswa juga harus melampirkan rapor semester 1 sampai 5 dengan nilai di atas KKM untuk semua mata pelajaran. 


2. Universitas Padjadjaran (Unpad)


Unpad juga buka jalur rapor melalui Jalur Prestasi Unpad. Jalur Prestasi Unpad ini mempertimbangkan nilai akademik dan prestasi atau penghargaan yang didapat siswa.


Kriteria kelulusan sendiri berdasarkan nilai gabungan dari peringkat prestasi tertinggi di level nasional atau internasional dari semua portofolio serta nilai akademik sesuai kuota.



3. Universitas Diponegoro (Undip)


Jalur SBUB Undip adalah seleksi mahasiswa baru program Sarjana dan Diploma jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB).


Jalur seleksi ini terbuka untuk lulusan tiga tahun terakhir, yakni 2021, 2022, dan 2023 dari SMA/MA/SMK/MAK.


Peserta yang mengikuti seleksi masuk Undip ini wajib memiliki nilai rata-rata rapor per semester sebesar 70 dari skala 100. 



4. Universitas Negeri Semarang (Unnes)


Jalur PSSD Unggulan Unnes menjadi jalur seleksi khusus bagi yang berminat menempuh program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).


Jalur PGSD Unnes terbuka bagi siswa lulusan 2023. Seleksi berdasarkan nilai rapor semester 1-5 untuk mata pelajaran bahasa Inggris, IPA, IPS, matematika, PKn, dan bahasa Indonesia dengan nilai minimal 8. Siswa juga akan mengikuti ujian tulis bahasa Inggris dan tes potensi akademik serta wawancara.


5. Universitas Brawijaya (UB)


Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) merupakan seleksi masuk yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya berdasarkan nilai rapor serta prestasi akademik dan non-akademik sesuai ketentuan.


Mengacu pada Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) 2023 terdiri dari beberapa jalur, termasuk SMUB Jalur Rapor.


Berikut persyaratan SMUB Jalur Rapor 2023 yang bisa menjadi acuan calon mahasiswa untuk mendaftar di tahun 2024:


  • Warga Negara Indonesia (WNI).

  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2020, 2021 dari sekolah terakreditasi yang sudah memiliki ijazah.

  • Siswa Kelas XII SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2022 dari sekolah terakreditasi WAJIB memiliki SKL (Surat Keterangan Lulus) atau Surat Keterangan Kelas XII yang ditandatangani Kepala Sekolah dan dilengkapi dengan foto terbaru siswa yang disahkan oleh sekolah (stempel terkena foto). Adapun ukuran foto pada surat keterangan menyesuaikan format masing-masing sekolah. Lulusan Tahun 2022 yang nantinya dinyatakan diterima WAJIB mengunggah dokumen kelulusan (SKL/Ijazah) pada saat registrasi, siswa yang tidak dapat membuktikan dokumen kelulusan maka akan dibatalkan sebagai calon mahasiswa baru Universitas Brawijaya.

  • Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri WAJIB memiliki surat penyetaraan ijazah dari Kemendikbud Ristek.

  • Memiliki NISN yang terdaftar NPSN.

  • Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya. 


Berikut ketentuan pengisian data nilai rapor pada bagian pengetahuan adalah sebagai berikut:


1. Nilai mata pelajaran Matematika (Wajib), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris (Wajib) dan rata-rata nilai mata pelajaran peminatan/jurusan/kompetensi. Matematika Minat tidak masuk dalam Perhitungan rata-rata.


2. Nilai yang diisikan adalah nilai pada tiga semester dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Kelas reguler mengunggah berkas rapor kelas XI semester 1 dan 2, kelas XII semester 1 (Diurutkan semester 3, 4, dan 5) yang telah dilegalisir sekolah.

  • Kelas akselerasi 2 Tahun (4 Semester) mengunggah berkas rapor kelas X semester 1 dan 2, kelas XI semester 1 (semester 1, 2 dan 3) jika punya nilai 6 semester ketentuan sama dengan reguler yang telah dilegalisir sekolah.

  • Kelas akselerasi 6 semester mengunggah berkas rapor kelas X semester 3 dan kelas XI semester 1 dan 2 (semester 3, 4, dan 5) yang telah dilegalisir sekolah.


6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)


ITS Surabaya juga membuka seleksi masuk menggunakan rapor. Kamu bisa memanfaatkan jalur Mandiri Prestasi.


Seleksi ini menggunakan nilai rapor, yang juga didukung oleh prestasi-prestasi akademik dan non-akademik. Peserta dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi.


Jalur seleksi ini dibuka untuk semua program studi sarjana dan hanya menerima siswa dari jurusan eksakta (IPA).


Namun, program studi Desain Produk Industri, Manajemen Bisnis, dan Studi Pembangunan , menerima siswa dari jurusan non-eksakta (IPS). Biaya pendaftaran jalur rapor ini sebesar Rp 250.000.


Jika ingin mencoba jalur ini, calon mahasiswa perlu mempersiapkan beberapa hal berikut ini:


  • Nilai rapor semester 1 hingga 6

  • untuk Seleksi Mandiri Jalur Prestasi, cukup sampai semester 5 jika belum ada nilai rapor semester 6.

  • Nilai rapor adalah nilai pengetahuan. Kecuali mata pelajaran produktif pada SMK diisi nilai keterampilan.

  • Nilai matematika yang dipakai adalah matematika peminatan bagi pendaftar dari jurusan IPA dan matematika umum bagi pendaftar dari jurusan selain IPA.

  • Bukti Prestasi (bisa berupa sertifikat, piagam, atau surat rekomendasi sekolah)


7. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)


UNY memiliki SM (Seleksi Mandiri) Prestasi yang juga jalur rapor 2023 untuk kuliah jenjang D4 dan S1.


Persyaratannya untuk mendaftar jalur ini adalah, peserta lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat dan lulusan Paket C Tahun 2021, 2022, atau 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023).


Lalu peserta mengunggah bukti kelulusan berupa Ijazah atau SKL atau Surat Keterangan Kelas XII, Wajib memiliki nilai rapor semester 1 sampai dengan 5 dan punya Sertifikat/piagam penghargaan prestasi bidang akademik bersifat opsional (tidak wajib). Wajib mengunggah Portofolio bagi yang memilih program studi Bidang Seni & Olahraga.



TELAH HADIR, BIMBINGAN BELAJAR PERSIAPAN LULUS TES PERGURUAN TINGGI NEGERI PERTAMA, TERBAIK DAN TERSIAP DI INDONESIA TERBUKTI 70% LULUS TES & TERCAPAI MIMPINYA. BAGI KAMU YANG INGIN IKUT SELEKSI MASUK PTN 2024 MULAI PERSIAPKAN DARI SEKARANG YUK BERSAMA BIMBEL AKSES! 🤩


Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes PTN, Tryout UTBK-SNBT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes masuk PTN 2024 Bersama Bimbel Akses.






Apa Aja Program Dari Bimbel Akses?


Program persiapan masuk PTN 2024 ini adalah program dari Bimbel Akses dengan FASILITAS yang super lengkap! mau tau programnya apa saja?

Berikut beberapa programnya :

✔️Paket Lengkap SNBP, SNBT, & MANDIRI 5 Bulan

✔️Paket SNBP

✔️Paket SNBT 4 Bulan

✔️Paket Mandiri 1 Bulan


Yuk gabung sekarang dan dapatkan promo dan cashbacknya! 🤩 Kuota terbatas loh.Syarat dan ketentuan berlaku.Masih ragu untuk gabung kelasnya? Sudah ribuan peserta yang sudah lulus bersama Bimbel Akses, telah dipercaya karena sudah bekerja dengan Kementerian. 😉


Daftar di sini


Sekian informasi mengenai 7 PTN yang membuka jalur mandiri dan nilai rapor selain SNBP, kira-kira kalian berminat untuk masuk PTN mana di tahun ini? Yuk persiapkan diri kamu dari sekarang dengan ikut bimbingan belajar khusus PTN bersama Bimbel Akses.


Referensi: https://www.kompas.com/edu/read/2023/12/16/121015871/mau-masuk-ptn-jalur-rapor-cek-ketentuan-di-7-kampus-negeri?page=all


Subscribes Channel Youtube Kami