5 PTN yang Membuka Jalur Ketua OSIS di SNPMB 2024

  • Selasa, 13 Februari 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Ada beragam cara yang dilakukan perguruan tinggi negeri dalam mencari talenta dengan kualitas terbaik dengan membuka berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru.  Di antaranya dengan menggelar karpet merah bagi calon mahasiswa untuk masuk melalui jalur tanpa tes, melainkan dengan menggunakan rapor hingga prestasi nonakademik lainnya seperti bakat kepemimpinan.

 

Di era demokrasi, kualitas kepemimpinan di pusat dan daerah rupanya menjadi salah satu kebutuhan yang cukup mendesak di Tanah Air.  Meski kemampuan akademik tentu juga memainkan peranan penting yang harus dimiliki seorang pemimpin, meskipun belum cukup memadai untuk mencetak sosok pemimpin yang mampu mengatasi masalah yang kian kompleks.


Untuk itulah, kebutuhan ini menjadi persoalan serius yang dilirik sejumlah perguruan tinggi. Kebutuhan akan pemimpin yang memiliki leadership ini kemudian dituangkan dalam kebijakan penerimaan mahasiswa baru di sejumlah perguruan tinggi negeri. 

Salah satu skema yang dikembangkan adalah mencari talenta yang memiliki jiwa kepemimpinan melalui jalur ketua OSIS (organisasi siswa intra sekolah). Model seleksi ini biasanya dikembangkan dalam seleksi jalur mandiri dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di PTN.




5 PTN yang punya jalur masuk Ketua OSIS

1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Melansir dari laman resmi IPB sejak 2019, IPB mengembangkan salah satu skema seleksi calon mahasiswa baru jalur khusus bagi Ketua OSIS yang memenuhi syarat akademik sebagai mahasiswa IPB. Skema ini adalah salah satu Seleksi Mandiri untuk mencari calon mahasiswa yang telah terbukti memiliki jiwa kepemimpinan sebagai ketua OSIS selama di SMA.

 

Sekaligus memiliki kemampuan akademik yang memadai untuk dididik di IPB menjadi calon pemimpin yang memiliki intelektual tinggi, atau intelektual yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

Berikut kualifikasi yang harus dipenuhi pelamar: 

  • Pernah menjadi ketua OSIS selama di SMA/MA, yang diperkuat dengan surat Kepala Sekolah bahwa pelamar adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi ketua OSIS selama sekurangnya satu periode, dilengkapi dengan surat keputusan kepala Sekolah tentang pengangkatan pelamar sebagai ketua OSIS

  • Lulusan tahun 2023 jurusan IPA 

  • Rataan nilai Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi selama 5 semester sekurangnya 80,

  • Bersedia mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan dan pelatihan lainnya.


2. Universitas Airlangga (Unair)

Universitas Airlangga juga membuka kesempatan yang sama untuk calon mahasiswa yang pernah menjabat sebagai ketua OSIS. Dilansir dari laman Unair, kampus ini kembali membuka jalur golden ticket sebagai salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru (maba). Jalur ini diperuntukkan bagi peserta yang memiliki prestasi luar biasa.

 

Ada beberapa persyaratan bagi peserta yang akan mengikuti seleksi golden ticket. Pendaftar golden ticket harus merupakan siswa SMA yang eligible dalam SNBP. Selain itu, siswa juga harus memilih prodi yang ada di UNAIR sebagai pilihan pertama dalam SNBP.

 

Peserta golden ticket harus dapat membuktikan prestasi luar biasa secara akademik atau non-akademik. Lebih lanjut, peserta yang memiliki prestasi bidang organisasi seperti ketua OSIS, dan para penghafal kitab suci agama yang diakui di Indonesia juga dapat memasukan prestasinya dalam mengikuti seleksi golden ticket.


3. Universitas Sebelas Maret (UNS)

UNS membuka Seleksi Jalur Kepemimpinan Muda (SMJKM) yang memperbolehkan ketua OSIS untuk mendaftar. Melansir dari laman SPMB UNS, mahasiswa yang memilih jalur ini dapat memilih maksimal dua program studi yang tersedia. Berikut berbagai ketentuan dan kualifikasi Jalur Kepemimpinan Muda UNS:

 

Ketentuan umum Jalur Kepemimpinan Muda UNS

  1. Warga Indonesia

  2. Lulusan SMA/MA/SMK/SMALB atau yang sederajat paling lama 3 tahun terakhir. 

  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi. 

  4. Mendaftarkan diri sebagai peserta Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SMJKM) tahun 2023.

Persyaratan Jalur Kepemimpinan Muda UNS 

  1. Rapor asli dari sekolah Bagi siswa kelas reguler, mulai semester 1 sampai dengan semester 5. 

  2. Bagi siswa kelas akselerasi, mulai semester 1 sampai dengan semester 4. 

  3. Pernah menjadi Ketua OSIS atau ketua Pramuka yang dibuktikan dengan Surat keputusan dari Kepala Sekolah tentang susunan pengurus OSIS atau Pramuka.

Persyaratan khusus Jalur Kepemimpinan Muda UNS 

 

  1. Peserta yang memilih program studi berikut: 

    • S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi dan S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga memiliki tinggi badan minimal 160 cm bagi putra dan minimal 155 cm bagi putri dan mengunggah portofolio. 

    • S1 Kriya Seni/Tekstil, S1 Seni Rupa Murni (Seni Lukis, Grafis, Patung, Keramik), S1 Desain Interior, S1 Desain Komunikasi Visual, S1 Pendidikan Seni Rupa diharuskan mengunggah portofolio. 

  2. Peserta yang memilih program studi Kebidanan: putri, memiliki tinggi badan minimal 150 cm. 

  3. Bagi peserta yang memilih Program Studi berikut ini, harus mengunggah atau melampirkan Surat Keterangan tidak buta warna (parsial dan/atau total) dari rumah sakit/puskesmas/klinik kesehatan pada saat pemeriksaan berkas setelah dinyatakan diterima.


4. Universitas Negeri Surabaya (UNESA) 

Melansir dari laman pmb.unesa.ac.id, UNESA juga membuka kesempatan untuk calon mahasiswa yang pernah menjadi ketua OSIS dalam program Jalur Prestasi Kepemimpinan. Jalur ini ditujukan bagi peserta yang pernah menjadi ketua OSIS dan Sekretaris OSIS. Peserta dapat memilih satu prodi yang diminati di UNESA.

 

Berikut persyaratan yang harus dipenuhi peserta:

  1. Warga Negara Indonesia

  2. Lulusan SMA/MA/SMK/Paket C atau sederajat tahun 2020, 2021 atau 2022 (dibuktikan dengan ijazah atau Surat Keterangan Lulus untuk lulusan tahun 2022)

  3. Memiliki surat keputusan atau sertifikat kepemimpinan OSIS sebagai ketua/sekretaris dari kepala sekolah.


5. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Universitas Hasanuddin kembali membuka jalur pendaftaran mahasiswa melalui jalur seleksi nasional dan jalur mandiri. Jalur seleksi nasional meliputi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP),Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

 

Seleksi nasional dilaksanakan oleh Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Sedangkan jalur mandiri dilakukan oleh masing-masing perguruan tinggi. Jalur mandiri di Universitas Hasanuddin meliputi jalur Ketua OSIS, JNS (Jalur Non Subsidi), POSK (Prestasi Olahraga, Seni, dan Keilmuan), dan Kelas Internasional.

 

Jalur Mandiri -  Ketua OSIS

  1. Pendaftaran Ketua OSIS: 14 Februari – 15 Maret 2023

  2. Pengumuman Seleksi Administrasi : 17 Maret 2023

  3. Tes Wawancara dan esai (online) : 20 Maret 2023

  4. Pengumuman Hasil Seleksi : 3 April 2023 (di akun masing-masing peserta PMB) https://regpmb.unhas.ac.id

Jalur Ketua OSIS adalah jalur penerimaan bagi siswa-siswi yang saat sekolah di tingkat SMA dan sederajat pernah menjabat sebagai Ketua OSIS. Jalur Ketua OSIS ini dibuka lebih awal dibandingkan jalur mandiri lainnya yang ada di Universitas Hasanuddin.


TELAH HADIR, BIMBINGAN BELAJAR PERSIAPAN LULUS TES PERGURUAN TINGGI NEGERI PERTAMA, TERBAIK DAN TERSIAP DI INDONESIA TERBUKTI 70% LULUS TES & TERCAPAI MIMPINYA. BAGI KAMU YANG INGIN IKUT SELEKSI MASUK PTN 2024 MULAI PERSIAPKAN DARI SEKARANG YUK BERSAMA BIMBEL AKSES! 


Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes PTN, Tryout UTBK-SNBT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes masuk PTN 2024 Bersama Bimbel Akses.