5 Kota Pilihan yang Cocok untuk Merantau Kuliah, Ada Kota Favoritmu?

  • Senin, 1 Agustus 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

Apa Saja Kota Pilihan yang Cocok untuk Merantau Kuliah, Simak Informasi Ini

bimbelptn.co.id - Bagi mereka yang lolos seleksi tentu harus mempersiapkan diri, terutama bagi calon mahasiswa yang bakal kuliah ke luar kota lantaran lokasi perguruan tingginya mengharuskan untuk merantau. Ketika merantau pun tak hanya mental yang harus disiapkan. Kamu juga secara tidak langsung harus mengenal kota-kota tersebut. Salah satu hal yang berpengaruh adalah keamanan dan reputasi kota itu di mata masyarakat Indonesia.

Tahu nggak sih kamu, kalau ada kota-kota pilihan yang cocok untuk merantau karena keperluan kuliah? Melansir laman kompas.tv, berikut ini adalah

 

 

5 Kota Pilihan yang Cocok untuk Merantau Kuliah:

 

1. Kota Solo

Salah satu obyek wisata yang wajib disambangi saat berkunjung ke Kota Solo adalah Keraton Surakarta Hadiningrat
Salah satu obyek wisata yang wajib disambangi saat berkunjung ke Kota Solo adalah Keraton Surakarta Hadiningrat (Sumber: Dok. Kemenparekraf)
Kota pilihan pertama di Indonesia adalah Solo. Kota ini dikenal sebagai kota kelahiran Presiden Indonesia ke-7, yaitu Joko Widodo. Kota Solo cukup sering dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan.

Sebab, di Solo terdapat beberapa kampus dengan standar dan biaya hidup yang cenderung terjangkau.

Beberapa kampus itu adalah Universitas Sebelas Maret (UNS) yang masuk dalam peringkat 15 besar kampus terbaik di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, dan Universitas Surakarta (Unsa). 

Selain pilihan kampus, Kota Solo juga menyediakan berbagai fakultas mulai dari kedokteran hingga Fakultas Sastra dan Bahasa.

Bahkan, terdapat pula tawaran program double degree serta kelas internasional, selain kelas reguler yang biasa ditemukan di tiap universitas.

Sementara itu, dalam hal tempat tinggal umumnya mahasiswa akan ditawarkan dengan pilihan indekos atau kontrakan ditambah biaya yang terjangkau berkisar pada angka Rp3 juta per tahun. 

Kuliah di Solo, kental dengan budaya Jawa yang dikenal ramah dan membuat lingkungan tempat tinggal menjadi lebih nyaman.

 

2. Kota Yogyakarta

Pejalan kaki melintas di trotoar sisi timur Jalan Malioboro, Yogyakarta, Rabu (13/4). Pemberlakuan larangan penggunaan trotoar tersebut untuk tempat parkir kendaraan memungkinkan pejalan kaki dapat menggunakan fasilitas tersebut secara lebih nyaman.
Pejalan kaki melintas di trotoar sisi timur Jalan Malioboro, Yogyakarta, Rabu (13/4). Pemberlakuan larangan penggunaan trotoar tersebut untuk tempat parkir kendaraan memungkinkan pejalan kaki dapat menggunakan fasilitas tersebut secara lebih nyaman. (Sumber: KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO)
Yogyakarta dijuluki sebagai kota pelajar dan kota pendidikan. Julukan ini tak jarang membuat mahasiswa memilih kota Yogyakarta sebagai tempat untuk merantau.

Kota ini lengkap dari sisi reputasi kampus hingga biaya hidup yang terjangkau. Mahasiswa yang datang untuk merantau ke kota ini pun asalnya beragam, mulai dari Kota Jakarta hingga Papua.

Beberapa pilihan kampus di Yogyakarta menurut laman EduMar Blog adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan masih banyak lagi.

 

 

Program Bimbel Akses

Join Now

 

 

3. Kota Surabaya

Surabaya dikenal sebagai kota terbesar nomor dua di Indonesia. Beberapa rekomendasi kampus di Surabaya adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Kristen Petra. 

Bagi calon mahasiswa teknik, kampus yang ada di kota ini tentunya jadi incaran nomor satu.

Pasalnya, di Surabaya terdapat jurusan-jurusan yang jarang ada di kampus lain seperti Teknik Transportasi Laut, Teknik Geomatika, dan Teknik Sistem Perkapalan. 

Selain sebagai tempat untuk merantau, Surabaya juga memiliki wisata yang tidak kalah indahnya dengan kota lain, di antaranya, adalah Pantai Kenjeran, Pulau Bawean, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dan masih banyak lagi.

 

4. Kota Jakarta


Kota Jakarta punya banyak pilihan kampus untuk berkuliah. Beberapa di antaranya adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas Pelita Harapan, hingga Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah. 

Sebagai ibu kota Indonesia, calon mahasiswa yang berkuliah di kota Jakarta akan terbiasa dengan gedung-gedung pencakar langit dan lebih dekat dengan kantor pusat pemerintahan.

 

5. Kota Padang

Selain di Pulau Jawa, calon mahasiswa juga bisa memilih untuk kuliah di Pulau Sumatera, yaitu Kota Padang.

Beberapa kampus dengan reputasi yang baik di kota Padang, yaitu Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang (UNP), atau Politeknik Negeri Padang.

Selain universitas, Kota Padang juga menyediakan berbagai program sudi, seperti dokter, guru, peneliti, ahli IT, dan masih banyak lagi. 

Terkait dengan biaya hidup, Kawan hanya perlu menyiapkan budget sebesar Rp20.000 untuk satu kali makan setiap harinya.

Nah, itulah deretan kota pilihan di Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di jenjang perkuliahan. Kalau kamu, mana kota favoritmu merantau untuk kuliah.

 

 

Bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK 2023 kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

 

1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya, klik disini.
2.Pengajar sangat berkompeten
3.Berpengalaman selama 13 tahun
4.Materi terupdate tes UTBK
5.Fasilitas sarana super lengkap

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama Bimbel Akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama Bimbel Akses,
Daftar Sekarang.

 

Konsultasi mengenai tes UTBK bersama education consultant Bimbel Akseschat disini.

 

Salam sukses !

 

Referensi :

https://www.kompas.tv/article/183901/5-kota-pilihan-yang-cocok-untuk-merantau-kuliah-ada-kota-favoritmu?page=all

Subscribes Channel Youtube Kami