10 Jurusan Paling Populer di Indonesia

  • Rabu, 22 Juni 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

Apa Saja Jurusan Paling Populer di Indonesia ? Simak Informasi Ini

bimbelptn.co.id - Selain memilih perguruan tinggi untuk dihadiri, memilih jurusan perguruan tinggi seringkali merupakan keputusan paling penting yang akan Anda buat sebagai mahasiswa,  Karena itu, sangat normal untuk merasa cemas dan tidak yakin tentang keputusan Anda. Baik Anda sedang mempersiapkan diri untuk kuliah atau sudah terdaftar di perguruan tinggi.

Berikut, kami telah menyusun daftar 10 jurusan dan bidang studi paling populer untuk membantu membuat keputusan Anda lebih mudah dirangkum dari bii.or.id.

1. Bisnis

Gelar bisnis adalah salah satu gelar sarjana paling populer yang diberikan oleh institusi pasca sekolah menengah. Ketika organisasi memperluas operasi mereka, prospek pekerjaan dan gaji untuk jurusan bisnis juga tumbuh. Program bisnis mengeksplorasi prinsip dan praktik bisnis mendasar yang memungkinkan perusahaan berjalan secara efisien. Pemegang gelar bisnis memenuhi syarat untuk beragam posisi di hampir setiap industri. Bidang bisnis mencakup berbagai spesialisasi dan jalur karir, seperti akuntansi, pemasaran, dan kewirausahaan.

2.Profesi Kesehatan

Seiring bertambahnya usia populasi dan orang-orang menjadi lebih bergantung pada layanan kesehatan, permintaan akan profesional kesehatan akan terus meningkat. Setiap jalur karir perawatan kesehatan membutuhkan pelatihan dan kursus yang berbeda. Misalnya, program praktisi perawat mengharuskan siswa untuk terlibat dalam praktik klinis, bekerja secara langsung dengan pasien di rumah sakit, panti jompo, dan kantor kesehatan masyarakat. Namun demikian, hampir semua program perawatan kesehatan mencakup topik dasar seperti kesehatan, anatomi, dan fisiologi.

 

 

3. Ilmu Sosial dan Sejarah

Jurusan sarjana ilmu sosial umumnya mengambil pendekatan interdisipliner, menggabungkan topik-topik seperti ekonomi, sosiologi, dan sejarah. Program ilmu sosial sering memberikan pendidikan seni liberal, mengembangkan keterampilan analitis, komunikasi, dan kepemimpinan siswa, dan mempersiapkan mereka untuk berbagai jalur karir potensial.

4. Teknik

Karena sifat khusus dari bidang ini, gelar teknik cenderung menghasilkan beberapa gaji tingkat pemula tertinggi. Sementara jurusan utama bervariasi tergantung pada bidang teknik, semua program sarjana Teknik mengembangkan keterampilan siswa di berbagai bidang seperti manajemen proyek, komunikasi grafis, dan pemecahan masalah. Siswa juga dapat belajar untuk memecahkan masalah teknik menggunakan model matematika, solusi desain, dan metode kuantitatif. Banyaknya cabang teknik yang berbeda berarti siswa akan memiliki banyak pilihan karir.

5. Ilmu Biologi dan Biomedis

Jurusan ilmu biologi telah berkembang pesat dalam popularitas sejak 2005-06. Banyak pekerjaan yang berhubungan dengan biologi menjanjikan potensi penghasilan yang tinggi dan pertumbuhan pekerjaan yang berkelanjutan, yang dapat membantu menjelaskan mengapa bidang ini sangat populer.

6. Psikologi

Program psikologi biasanya mencakup pelajaran tentang metode penelitian, analisis statistik, dan proses kognitif. Pengalaman klinis yang diawasi biasanya juga merupakan bagian dari program. Sementara karir sebagai psikolog klinis biasanya membutuhkan gelar doktor, tetapi gelar sarjana dalam bidang psikologi dapat memenuhi syarat lulusan untuk peran dalam bisnis dan pendidikan.\

7. Komunikasi dan Jurnalisme

Jurusan komunikasi atau jurnalisme membantu siswa mempelajari keterampilan berharga yang membuat mereka memenuhi syarat untuk pekerjaan di hampir setiap industri, yang berarti gaji dapat sangat bervariasi. Program sering kali mencakup topik-topik seperti berbicara di depan umum, public relations, dan penyiaran. Sementara masing-masing jurusan berfokus pada disiplin media yang berbeda, keduanya mempersiapkan siswa untuk berkarir di bidang bisnis, pemasaran, dan penulisan.

8. Seni Visual dan Pertunjukan

Bagi banyak siswa, mengejar karir di bidang seni kurang tentang manfaat finansial daripada imbalan intrinsik. Jurusan sarjana seni membangun keterampilan kreatif, kolaboratif, dan manajemen waktu. Banyak program sarjana seni fokus pada teori dan praktik, sementara program lain, seperti fashion merchandising, dapat mempelajari bidang-bidang yang berkaitan dengan administrasi dan desain. 

9. Pendidikan

Sarjana dalam program pendidikan mengajarkan siswa bagaimana mengelola ruang kelas, merancang kurikulum, dan secara efektif mendukung siswa mereka.Dengan gelar pendidikan, siswa dapat mengejar karir sebagai guru, administrator, dan konselor.

10. Ilmu Komputer dan Informasi

Jurusan ilmu komputer sering bekerja dengan beberapa bahasa pemrograman dan memecahkan masalah pengkodean yang kompleks, memungkinkan mereka untuk mengasah kemampuan berpikir kritis mereka. Karena tingginya permintaan dan kekurangan spesialis komputer di industri, para profesional terampil ini menikmati gaji tinggi dan pertumbuhan lapangan kerja yang kuat.

 

 

Itulah daftar 10 jurusan paling populer untuk membantu membuat keputusan anda lebih mudah. Nah, bagi anda yang tertarik menekuni salah satu jurusan di atas, maka anda bisa mempercayakan pada bimbel akses dengan menawarkan solusi belajar.

Bagi kamu yang ingin Mempersiapkan Tes UTBK 2023 kamu bisa bergabung bersama Bimbel Akses, Mengapa kamu harus mempersiapkan Tes UTBK bersama Bimbel Akses Berikut ini adalah beberapa Faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes UTBK bersama Bimbel Akses :

1.Telah terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel masuk ke-PTN favorit mereka, Cek testimoninya, klik disini.
2.Pengajar sangat berkompeten
3.Berpengalaman selama 13 tahun
4.Materi terupdate tes UTBK
5.Fasilitas sarana super lengkap

 

Nah itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapakan tes UTBK bersama Bimbel Akses, tunggu apalagi, Yuk segera bergabung bersama Bimbel Akses,
Daftar Sekarang.

 

Konsultasi mengenai tes UTBK bersama education consultant Bimbel Akseschat disini.

 

Salam sukses !

 

Referensi :

- https://bii.or.id/blog/10-jurusan-perguruan-tinggi-terpopuler.html

Subscribes Channel Youtube Kami